Bupati Batu Bara Tinjau Tanggul Jebol

Batu Bara,

Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP bersama Kepala Dinas PUPR meninjau Irigasi Desa Karang Baru Kecamatan Datuk Tanah Datar yang jebol akibat curah hujan membuat debet air tinggi, Senin(15/6). Turut mendampingi bupati,  Camat Datuk Tanah Datar, Kepala Desa Karang Baru, Gabungan Kelompok Tani dan masyarakat sekitar.

Salah seorang masyarakat, Panut,  bermohon kepada bupati agar membenahi tanggul yang jebol sekaligus menormalisasi sungai yang semakin dangkal. “Akibat dangkalnya dasar sungai, disertai derasnya curah hujan bisa mengakibatkan jebolnya tanggul membuat persawahan terendam” ujar Panut.

Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP mengatakan jebolnya tanggul ini mengakibatkan beberapa areal persawahan penduduk terendam air dari aliran Sungai Karang Baru.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Batu Bara hadir dalam rangka monitoring jebolnya tanggul akibat curah hujan deras membuat debet air sungai tinggi, berdampak terhadap tiga desa yaitu Desa Karang Baru, Binjai Baru dan Sei Muka dengan luas areal sekitar 148 ha.

Di sela peninjauan itu, Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP memerintahkan Kadis PUPR untuk segera melakukan normalisasi dan peninggian tanggul yang jebol.

Kadis PUPR Kabupaten Batu Bara Khairil Anwar menyampaikan bahwa Dinas PUPR akan langsung bergerak ke lokasi jebolnya tanggul setelah mendapatkan instruksi dari Bupati serta laporan dari Camat dan masyarakat.

Hal ini adalah reaksi cepat sebagai aparatur pemerintah guna menghadirkan negara di tengah – tengah masyarakat. “Akan dinormalisasi dengan menggunakan alat berat, turun hari ini, kemudian akan meninggikan tanggul yang saat ini telah jebol” kata Khairil.

 

Berita Terkait
Komentar