Peringati HKG PKK Ke- 49, Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju

Batu Bara,

Dalam memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke - 49 Tahun 2021. Tim penggerak PKK Kabupaten Batu Bara menggelar acara Peringatan yang berlangsung di Aula Rumah Dinas Bupati. Komplek Tanjung Gading. Senin (02/08/2021). 

Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke - 49 Tahun 2021 mengusung tema " Keluarga Pelopor Menuju Indonesia Maju".

Acara dibuka dengan tari persembahan melayu oleh Ibu - Ibu PKK Kabupaten Batu Bara. 

Turut hadir Bupati Batu Bara yang diwakili Sekda H. Sakti Alam Siregar, Ketua TP PKK Batu Bara Ny. Maya Indriasari Zahir, Wakil Ketua I - Ny. Hastuti Wulandari Oky, Wakil Ketua II - Ny. Khairani Sakti Alam, Unsur Forkopimda Batu Bara, Ketua Bhayangkari, Ketua Persit Asahan. Ketua TP PKK Kecamatan Se - Kabupaten Batu Bara. 

Sebelum Ketua TP PKK dan Bupati Batu Bara memberikan kata sambutan. Wakil ketua I TP PKK Batu Bara membacakan sejarah Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Indonesia. 

Sementara itu Ketua TP PKK Batu Bara membacakan sambutan Ketua UMUM TP PKK, peringatan PKK tidak lagi bersifat ceremonial pada tahun-tahun ke depannya melainkan berupa kegiatan yang dapat dirasakan langsung oleh keluarga keluarga di Indonesia dan kembali pada ruhnya yaitu sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga.

"Keluarga sebagai unit terkecil masyarakat  fokus pada potensi dan kebutuhannya yang secara langsung nantinya dapat mengetuk dan menularkan kemampuan pada lingkungan sekitar tempat tinggal kemudian memberi manfaat bagi banyak pihak. Gerakan PKK juga berpotensi memberdayakan masyarakat secara keseluruhan, sehingga sangat beralasan gerakan PKK untuk Indonesia Maju."

Makna mendasar dari Indonesia maju sebagai visi pemerintah harus kita dukung sepenuhnya dengan semangat pembaharuan dan gerakan PKK dengan tujuan dapat mengembangkan daya kreasi dan kreativitas kita dalam memberdayakan keluarga dalam arti luas. 

Setiap perayaan yang dilakukan dalam memperingati hari Kesatuan Gerak PKK harus mampu menumbuhkan semangat yang menggelora karena TP PKK sebagai mitra kerja dari Pemerintah harus mampu menjadi pelopor dan pembaharuan yang inspiratif.

Pola pendekatan pergerakan peranserta masyarakat yang menjadi ciri khas TP PKK dalam berbagai aspek pembangunan merupakan modal sosial yang besar artinya. Pergerakan peran serta atau partisipasi masyarakat dalam pembangunan adalah prinsip dasar gotong royong yang merupakan warisan budaya Bangsa." Sebut Ny. Tito dalam kata sambutannya yang dibacakan Ny. Maya Zahir

Masih dalam acara peringatan HKG PKK, Bupati yang diwakili Sekda Batu Bara mengatakan Tim Penggerak PKK adalah mitra Pemerintah dalam menggerakan roda pembangunan serta merupakan pilar utama dalam menata kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat dan merupakan wadah bagi pemberdayaan wanita. 

"Harapannya dengan dilaksanakannya acara peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-49 tingkat Kabupaten Batu Bara. TP PKK Kabupaten Batu Bara semakin berjaya dan mampu meningkatkan peran aktifnya sebagai motor penggerak kehidupan dalam keluarga di tengah - tengah masyarakat". Ujar Sekda Batu Bara

Selesai memberikan kata sambutan, TP PKK Kabupaten Batu Bara memberikan hadiah bagi pemenang perlombaan. Adapun pemenang lomba diantaranya :

Pemenang lomba program Pokok PKK ; 

JUARA I - KECAMATAN LIMA PULUH

JUARA II - KECAMATAN NIBUNG HANGUS

JUARA III - KECAMATAN SEI BALAI

HARAPAN 1 - KECAMATAN SEI SUKA

HARAPAN 2 - KECAMATAN LIMA PULUH PESISIR

HARAPAN 3 - KECAMATAN LAUT TADOR

LIST JUARA IYEL-IYEL HARI KESATUAN GERAK PKK KAB. BATU BARA.

Juara 1 -  Kec. Lima Puluh Pesisir

Juara 2 - Kecamatan Tanjung Tiram

Juara 3 - Kecamatan Nibung Hangus

Juara Harapan I - Kecamatan Lima Puluh

Juara Harapan II - Kecamatan Datuk Tanah Datar

Juara Harapan III - Kecamatan Air Putih

Untuk Kecamatan terbaik penginputan aplikasi data dasawisma diberikan kepada kecamatan Tanjung Tiram dengan persentase 88,1?. 

Sebelum acara peringatan HKG PKK Ke - 49, Ketua TP PKK didampingi Wakil Ketua I TP PKK, Wakil Ketua II TP PKK dan Sekda Batu Bara memotong nasi tumpeng sebagai tanda rasa syukur.

 

Berita Terkait
Komentar