501 Guru Di Kabupaten Batu Bara Ikuti UKG

Batubara, 

Sebanyak 501 guru se Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, mengikuti ujian kompetensi guru (UKG) tahun 2022. UKG ini digelar serentak di setiap kecamatan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Batu Bara Ilyas Sitorus, didampingi penanggungjawab UKG Kecamatan Talawi Naek Pangihutan, Kepala SMPN 1 Talawi Ridan, serta pengawas ruangan saat meninjau pelaksanaan UKG di UPT SMPN 1 Labuhan Ruku, Kecamatan Talawi, Rabu (6/7/2022).

Menurut Ilyas, UKG ini sebagaimana yang diharapkan Bupati Zahir agar peran guru-guru semakin kuat. 

 “UKG ini diikuti 501 guru se Kabuparen Batu Bara dengan tujuan untuk memetakan tingkat kompetensi guru, misalnya kompetensi pedagogik dan profesional. Membina dan mengembangkan profesi guru sebagai tindak lanjut pengembangan keprofesian berkelanjutan dan langkah awal untuk seleksi mengikuti pendidikan profesi guru, mengontrol kinerja guru," jelas Ilyas.

"Kita berharap peserta UKG mendapatkan nilai yang baik semua nantinya," tambah Ilyas.

Di tempat yang sama penanggungjawab UKG Kecamatan Talawi Naek Pangihutan mengatakan, pelaksanaan UKG berlangsung satu hari dengan sistem daring (online) menggunakan HP android atau komputer yang diikuti 28 peserta di Kecamatan Talawi untuk jenjang SD dan SMP. Sementara satu orang tidak hadir karena sakit.

Kepala Sekolah UPT SMPN 1 Labuhan Ruku Talawi, Ridan berharap peserta dapat mengisi materi  yang diujikan sehingga mendapatkan nilai baik dan dinyatakan layak, sehingga mereka akan mendapatkan Surat Keputusan dari Bupati Batu Bara Bapak.

"Kita berharap dengan UKG nantinya diharapkan mampu memberikan dan meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Kabupaten Batu Bara, sebab UKG dapat digunakan untuk memetakan kondisi objektif setiap guru yang dijadikan sebagai informasi penting bagi pemerintah ketika akan mengambil sebuah kebijakan terkait dengan materi dan strategi dalam memberikan pembinaan yang dibutuhkan," ungkap Ridan. 

 

Berita Terkait
Komentar