Akurasi Data Statistik Sektoral Syarat Utama Perencanaan Pembangunan Daerah

BATU BARA - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batu Bara melalui Bidang Persandian dan Statistik melaksanakan kegiatan koordinasi dan sinkronisasi pengumpulan, pengolahan, analisis dan diseminasi data statistik sektoral melalui Focus Group Discussion (FGD) Pengumpulan Data Statistik Sektoral Tahun 2023.

Kegiatan FGD ini dibuka oleh Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., yang diwakilkan kepada Asisten III Setdakab Batu Bara Renold Asmara di Aula Banyuwangi, Kecamatan Lima Puluh, Jumat (17/02/2023).

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memverifikasi data yang telah dikumpulkan dari seluruh OPD dan implementasi pengumpulan data melalui Portal Satu Data Batu Bara sebagai wadah bagi-pakai data sektoral antar OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Batu Bara.

Dalam sambutannya Renold mengatakan bahwa kebutuhan data informasi menjadi syarat utama untuk perencanaan pembangunan baik di skala nasional maupun daerah.

“Adanya ketersediaan data yang akurat akan memudahkan pimpinan daerah untuk mengambil keputusan yang bijak dan strategis,” ucap Renold.

Kepala Diskominfo Batu Bara Edwin Aldrin Sitorus, S.Sos., S.E., M.Si., juga menyampaikan melalui Portal Batu Bara Satu Data nantinya data yang dikelola akan dipublikasikan sehingga dapat dibagi-pakaikan ke seluruh pihak yang membutuhkan baik antar sesama OPD.

“Ini diharapkan pengelolaan data sektoral di Kabupaten Batu Bara berjalan dengan baik, sehingga menjadi informasi yang akurat untuk memenuhi kebutuhan data,” ungkap Edwin.

Kegiatan FGD ini juga bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Batu Bara selaku pembina data tingkat daerah yang membantu verifikasi data yang telah dikumpulkan. 

Kepala BPS Batu Bara Ir. Gloria Ebenhaezer, M.Si., menyampaikan apresiasinya kepada Diskominfo Batu Bara karena telah bekerja keras dalam pengumpulan data sehingga penyusunan dokumen Batu Bara Dalam Angka dapat berjalan tepat waktu.

Sementara itu, Kepala Bidang Persandian dan Statistik Diskominfo Batu Bara Zulfan Suri, S.T., berharap kegiayan FGD ini menjadi momentum untuk memperkuat komitmen dari seluruh pemangku kepentingan bahwa data yang dihasilkan dan dipublikasikan dalam Portal Batu Bara Satu Data serta dalam buku Batu Bara Dalam Angka (Barada) merupakan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagi-pakaikan serta menjadi acuan perencanaan pembangunan daerah. 

 

Berita Terkait
Komentar