Banjir Rendam Tiga Kecamatan, Bupati Batu Bara Terjun Langsung Meninjau

Batu Bara,

Banjir kembali menerpa tiga kecamatan di Kabupaten Batu Bara, Bupati terjun langsung meninjau lokasi yang terdampak banjir di Kecamatan Laut Tador, Jumat (15/01/2021).

Terlihat, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP turut didampingi oleh Sekdakab Sakti Alam Siregar SH, Kapolres Batu Bara AKBP H Ikhwan Lubis SH, MH, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Drs Sahala Nainggolan MM, Kadis Sosial Ishak Liza dan Camat Laut Tador.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Drs Sahala Nainggolan MM menyampaikan banjir dikarenakan intensitas curah hujan yang tinggi dan pecahnya tanggul sungai bahapal Kabupaten Simalungun yang berbatasan dengan Kabupaten Batu Bara.

Akibat dari pecahnya tanggul tersebut, tiga kecamatan di Kabupaten Batu Bara terendam banjir yakni Kecamatan Medang Deras, Sei Suka dan Laut Tador.

Dikatakan, Camat Laut Tador Adil Hasibuan bahwa banjir terparah berada di Desa Dewi Seri dan Desa Perkebunan Tanjung Kasau Kecamatan Laut Tador.

“Lokasi ini kurang lebih sebanyak 320 rumah terendam banjir sejak kamis sore”, jelas Adil.

Sementara itu, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP mengatakan bagi Masyarakat korban banjir, kiranya dapat tabah dalam menghadapi bencana ini dan berdoa agar bencana yang terjadi saat ini cepat selesai.

Dimana, Kabupaten Batu Bara merupakan wilayah Kabupaten terendah di Provinsi Sumatera Utara. Karena sebab itu lah Kabupaten Batu Bara menjadi langganan banjir.

Untuk menanggulangi bencana banjir Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Dinas sosial dan BPBD Batu Bara telah menurunkan bantuan berupa sembako, mendirikan posko kesehatan, dapur umum dan satu unit alat berat berupa Eskavator untuk menormalisasikan sungai.

“Turunnya Ekskavator, mudah – mudahan air yang menggenangi perumahan warga cepat surut”, Ungkap Zahir.

Di kesempatan yang sama, Bupati Batu Bara menyalurkan bantuan langsung kepada warga korban banjir sebanyak 402 paket sembako berupa beras 10 kg, minyak 2 kg, gula 1 kg dan telur 1 papan.

 

Berita Terkait
Komentar