Bersama Bunda PAUD, Pemkab Batu Bara Terus Tingkatkan Kualitas PAUD

Batu Bara,

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang Pendidikan Dasar yang merupakan suatu upaya yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan rohani dan jasmani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

Untuk itu Bunda PAUD Kabupaten Batu Bara Ny. Maya Indriasari Zahir bersama Kepala Dinas Pendidikan Ilyas Sitorus, Kabid PNFI Safrial dan Ketua Pokja Bunda PAUD Erlina Yusuf melakukan kunjungan kerja ke Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Lobby Gedung D Kemendikbud Ristek Senayan Jakarta, Rabu petang, (02/02/2022).

Kunjungan kerja Bunda Maya ke Direktorat PAUD ini adalah untuk meningkatkan pendidikan PAUD-PAUD yang ada di Kabupaten Batu Bara, Kedatangan Bunda Maya dan tim disambut baik oleh Direktur GTK PAUD Dr. Yaswardi dan tim.

Dalam sambutannya Bunda Maya mengatakan "Terimakasih atas berkenannya menerima kunjungan kami dan kami sudah banyak menerima informasi tentang keberadaan Bunda PAUD maupun Pokja Bunda PAUD. Semua ini akan menambah semangat kerja kami di Batu Bara nantinya. Kami yakin atas dukungan dan kerja sama semua pihak apa yang diharapkan Pak Direktur GTK Paud Dr. Yaswardi dan tim Insyaallah Allah akan kami wujudkan di Kabupaten Batu Bara kami".

Bunda Maya juga menceritakan perkembangan TK PAUD dalam dua tahun kepemimpinannya selaku Bunda PAUD, menurutnya "Walau dalam suasana Pandemi Covid-19 namun tidak mengurangi semangat untuk membangun generasi penerus melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Mulai dari pembentukan dan pengukuhan Bunda PAUD dan Pokja Bunda PAUD di setiap Kecamatan sampai ke Kelurahan dan Desa. Begitu juga stimulan yang diberikan melalui APBD Kabupaten serta dukungan kepada Tenaga Pendidik dan kependidikan di jenjang TK PAUD. Semua ini menunjukkan perhatian kami untuk pendidikan yang lebih baik dimulai dari jenjang PAUD", terang Ny. Maya.

Sementara Kadisdik Ilyas Sitorus menyampaikan tentang keberadaan TK/PAUD di masa kepemimpinan Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M AP, yang begitu mendukung Pendidikan Anak Usia Dini, menurut Bupati-Zahir masa depan anak ditentukan sejak pendidikan di usia dininya. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Batu Bara telah menetapkan Pendirian Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Batu Bara sejak pertengahan tahun 2021 lalu. 

Kadis Pendidikan Ilyas juga menyampaikan atas dukungan Bupati penerimaan dan pemanfaatan Dana BOP PAUD Kesetaraan dan BOS SD serta SMP sudah menggunakan Aplikasi sehingga pengelola TK Paud serta Kepala Satuan SD dan SMP dapat mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaannya tanpa harus bertemu dengan pihak dinas termasuk dalam penarikan dana melalui Bank penyalur dana BOP PAUD Kesetaraan dan BOS SD serta SMP termasuk dalam pertanggung jawabannya.

Direktur GTK, Dr. Yaswardi di ruangan kerjanya memaparkan strategi penanganan PAUD, menurutnya tim harus berkolaborasi dengan melibatkan banyak komponen. Yaswardi juga mengatakan "Aksi yang menjadi fokus kemitraan Kemendikbudristek dengan Bunda PAUD,

Pertama, menghadirkan lingkungan kaya keaksaraan melalui kegiatan membacakan buku cerita untuk anak, di rumah dan di satuan PAUD. 

Yang kedua, mengajak orang tua, pakar, dan para mitra untuk mendampingi guru dan satuan PAUD agar dapat merancang kegiatan pembelajaran dalam skema Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan mendukung penyediaan materi bermain belajar. Ketiga, meningkatkan akses ke buku bacaan anak di lokasi yang dapat diakses oleh pendidik dan orang tua, terutama di satuan PAUD".

Sebelumnya Direktur Paud Hasbi yang diwakili Korbid Asmawi mengatakan "Salut atas terobosan yang sudah dilakukan di Batu Bara terkait penyusunan RKAS dan pemanfaatan dan pelaporan dana BOP PAUD dan kesetaraan termasuk SD dan SMP sudah menggunakan aplikasi".

Direktur GTK, Yaswardi juga mengatakan beliau bersama tim dalam waktu dekat akan mengunjungi Kabupaten Batu Bara.

 

Berita Terkait
Komentar