Berupaya Turunkan Angka Stunting, Bupati Zahir Terima Kunker Kepala BKKBN RI

Batu Bara,

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP, terima kunjungan kerja Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Republik Indonesia (BKKBN) DR. (H.C) dr. Hasto Wardoyo, di Ballroom Inalum, Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batu Bara, Selasa (29/03/2022).

Hadir dalam kegiatan ini Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Ny. Maya Indriasari Zahir, para unsur Forkopimda, para Kepala OPD Kabupaten Batu Bara, Kader TP- PKK Kabupaten Batu Bara, Para Tim Pendamping Keluarga (TPK), Tim Percepatan Penanganan Stunting (TPPS) dan para Penyuluh KB di Kabupaten Batu Bara.

Kunjungan Kepala BKKBN dalam rangka penguatan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) untuk penanganan stunting di Kabupaten Batu Bara.

Angka stunting pada 5 tahun lalu di Indonesia, berada di 37% dan mengalami penurunan menjadi 27,6% di tahun 2019. BKKBN memiliki target di 2024 menjadi 14%.

Dalam arahannya Kepala BKKBN menyampaikan pada para pendamping keluarga, untuk mendampingi para calon pengantin (catin) . Seperti memantau kesehatan catin sebelum menikah dan juga memantau perkembangan kehamilan pada ibu muda.

Selanjutnya dr. Hasto juga menyampaikan Tim Percepatan Penanganan Stunting (TPPS) dan Tim Pendamping Keluarga (TPK) bertugas untuk meningkatkan akses informasi dan pelayanan melalui penyuluhan, serta memfasilitasi pelayanan rujukan dan  penerimaan program bantuan sosial untuk mendeteksi dini faktor resiko stunting. 

Bupati Zahir juga memberikan memberikan hadiah berupa sepeda kepada 3 orang pemenang yang bisa menjawab pertanyaan dari Kepala BKKBN RI.

"Saya berharap kepada TPPS Kabupaten Batu Bara yang baru dibentuk dan merupakan konvergensi penanganan stunting, tenaga pendamping keluarga, petugas PLKB/PKB dengan komunikasi, informasi, dan edukasi dalam penanganan stunting, dapat bekerja secara optimal. Sehingga setiap keluarga akan mendapatkan informasi yang benar, " ungkap Bupati Zahir. 

Dalam upaya menurunkan angka stunting di Kabupaten Batu Bara, Bupati Zahir juga akan memfasilitasi para pendamping keluarga dan penyuluh KB dalam menjalankan tugas guna mewujudkan masyarakat yang produktif, inovatif serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat yang sejalan dengan misi Bupati Zahir.

 

Berita Terkait
Komentar
Website Security Test