Bunda PAUD Batu Bara Hadiri Sosialisasi Edukasi Pola Asuh Bagi Kepala TK Negeri Se Batu Bara

Batu Bara,

Pola asuh dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok yaitu Pola asuh otoriter, Pola asuh demokratis dan Pola asuh permisif yang semuanya ini merupakan pembinaan orangtua (parental control) tentang bagaimana orangtua mengontrol, membimbing dan mendampingi anak-anaknya untuk melaksanakan tugas-tugas perkembangannya menuju pada proses pendewasaan.

Hari ini Bunda PAUD Kabupaten Batu Bara Ny. Maya Indriasari Zahir melakukan Sosialisasi Edukasi Pola Asuh Bagi Kepala TK Negeri se-Kabupaten Batu Bara di TK Swasta Al lhya Tanjung Gading Kecamatan Sei Suka, Rabu (09/02/2022).

Kegiatan ini dalam rangka memberikan pencerahan kepada Kepala Sekolah TK Negeri dan para gurunya yang diikuti Bunda PAUD Kecamatan Sei suka dan Pokja Bunda PAUD Kecamatan Sei Suka.

Dalam sambutannya Bunda PAUD Batu Bara mengatakan pola asuh orang tua adalah keseluruhan interaksi orang tua dengan anak, di mana orang tua menstimulasi anaknya dengan mengubah sikap, perilaku, memberikan perhatian, peraturan, kedisiplinan, reward dan punishment, pengetahuan  dan tanggapan terhadap keinginan anaknya, serta nilai-nilai yang dianggap tepat oleh orang tua.

"Pentingnya pola asuh anak dimulai dari keluarga dan lingkungan sehingga anak dapat tumbuh cerdas, berakhlak dan mulia. Kemudian keluarga menurutnya merupakan lingkungan sosial pertama yang ditemui individu sejak mereka lahir ke Dunia. Lingkungan keluarga pertama adalah Ayah, lbu dan individu itu sendiri. Dengan demikian hubungan antara individu dengan kedua orang tuanya merupakan hubungan timbal balik dimana terdapat interaksi di dalamnya" Lanjut Ny. Maya.

Kadisdik llyas Sitorus menyampaikan bahwa semua kecamatan di Kabupaten Batu Bara sejak pertengahan Tahun 2021 telah ditetapkan atas keputusan Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M. AP, telah berdiri TK Negeri Pembina  Kecamatan. Pak Bupati berharap keberadaan TK Negeri Pembina Kecamatan agar mampu menjadi rujukan TK/PAUD yang ada di setiap Kecamatan secara bertahap kedepannya.

"Terkait dengan Sosialisasi Edukasi Bagi Kepala TK Negeri Pembina Kecamatandan Tenaga Pendidiknya se-Kabupaten Batu Bara. Pola asuh yang terbentuk dari lingkungan keluarga (orang tua) dan juga pola asuh yang dimulai dari jenjang  Pengembangan Anak Usia Dini, Taman Kanak-Kanak sampai kepada jenjang Pendidikan Dasar memiliki pengaruh penting  terhadap perkembangan emosi anak" Lanjut Ilyas.

 

Berita Terkait
Komentar