Bupati Zahir Ajak Masyarakat Wujudkan Rumah Produksi Bersama Cluster Cabai Merah

BATU BARA - Pemerintah Kabupaten Batu Bara berkomitmen untuk memaksimalkan pengelolaan terpadu UMKM komoditas cabai, guna mendukung peningkatan sektor produksi di bidang pertanian cabai merah serta mendorong pengolahan produk turunan cabai merah menjadi pasta cabai.

Hal tersebut disampaikan Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., saat menghadiri Fokus Group Discussion (FGD) Major Project Pengelolaan Terpadu UMKM Komoditas Cabai Provinsi Sumatera Utara, di Aula Singapore City Hotel, Kecamatan Sei Balai, Batu Bara, Jum'at (21/10/2022).

Kegiatan dihadiri oleh Deputi Bidang Koperasi dan UKM Kementerian PPN/Bappenas RI Dading Ahmad Gunadi serta Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Sumut Unggul Sitanggang M.Si.

Kemudian ada juga Kepala Dinas Koperasi UKM Batu Bara, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Perikanan dan Perternakan, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, dan Kepala Desa Lubuk Cuik.

Sekretaris Deputi Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koperasi UKM RI Santoso, melalui zoom meeting menyampaikan terimakasih kepada Bupati Zahir dan jajarannya karena telah menggelar kegiatan FGD ini.

Sementara itu Deputi Bidang Koperasi dan UKM Kementerian PPN/Bappenas RI Dading Ahmad Gunadi, mengharapkan hasil UMKM yang ada di Batu Bara dapat dipasarkan ke luar daerah Kabupaten Batu Bara bahkan hingga bisa diekspor ke luar negeri.

Bupati Zahir dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Batu Bara dikenal sebagai daerah penghasil cabai merah terbesar kedua di Sumut setelah Kabupaten Karo. Dengan fakta tersebut Bupati Zahir yakin dapat mengatasi suplai bahan baku cabai merah, agar rumah produksi bersama dapat berproduksi sepanjang tahun.

"Pelaku UMKM berbahan dasar cabai merah dapat memanfaatkan Rumah Kemasan untuk meningkatakan tampilan produk kemasannya, agar terjadi nilai tambah sehingga kesejahteraan pelaku UMKM semakin meningkat ke depannya," ujar Bupati Zahir.

Bupati Zahir mengajak masyarakat untuk bersama sama memiliki kemauan dalam menyukseskan terwujudnya rumah produksi bersama cluster cabai merah guna memajukan Kabupaten Batu Bara dan untuk mensejahterahkan para petani cabai merah. 

 

Berita Terkait
Komentar