Bupati Zahir Buka Simposium Nasional Apkasi Hari Kedua

JAKARTA - Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., yang juga Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayaan  Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) membuka Simposium Nasional Apkasi hari kedua yang berlangsung di Gedung Ditjen Kemendikbudristek, Jakarta, Rabu (09/08/2023).

Kegiatan Simposium Nasional Apkasi dengan tema “Mewujudkan Sumber Daya Manusia Sehat dan Unggul Melalui Kemitraan Perguruan Tinggi Negeri dalam Program 2.500 Beasiswa Daerah Menyongsong Indonesia Emas 2045” hadir mengacu pada visi Indonesia Emas, yaitu berdaulat, maju, adil dan makmur dengan melalui empat pilar yaitu pembangunan manusia serta penguasaan iptek, pembangunan ekonomi berkelanjutan, pemerataan pembangunan, serta pemantapan ketahanan nasional dan tata kelola kepemerintahan.

Bupati Zahir mengatakan, Apkasi selaku organisasi pemerintah daerah akan mengambil peran sebagai katalisator dalam membangun hubungan sinergis berbagai pihak, baik dengan para ahli, praktisi dan pemerintah.

“Simposium Nasional ini terselenggara guna mempertemukan berbagai stakeholder, dari kalangan pemerintah pusat, daerah dan perguruan tinggi, sehingga terbentuknya kemitraan strategis untuk pembangunan SDM jangka panjang, melalui penyelenggaraan Beasiswa Daerah Indonesia Emas," sebut Bupati Zahir.

Di hari sebelumnya, Selasa (08/08/2023) Apkasi telah melakukan penandatanganan MOU dengan Mitra Perguruan Tinggi (PT) ternama dengan menghadirkan 2.500 beasiswa bagi putra-putri terbaik daerah untuk bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Para Mitra PT yang sudah menandatangani MoU di antaranya Politeknik Keuangan Negara STAN, Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Brawijaya (Unibraw), Universitas Sumatera Utara (USU), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Pattimura, UPN Veteran Yogyakarta dan Universitas Malikussaleh.

Bupati Zahir berharap melalui kerjasama yang baik dengan berbagai perguruan tinggi ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan SDM anak anak yang tinggal di daerah. 

 

Berita Terkait
Komentar