Bupati Zahir Hadir di Pembukaan Porprovsu XI Tahun 2022

DELISERDANG - Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., menghadiri pembukaan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) XI tahun 2022, di Gedung Serba Guna (GSG) Pemprovsu, Jalan Williem Iskandar, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang, Sabtu (29/10/2022). 

Porprovsu 2022 resmi dibuka oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dengan pemukulan gondang sembilan oleh Edy Rahmayadi bersama Forkopimda dan kepala daerah yang hadir termasuk Bupati Zahir.

Gubernur Edy Rahmayadi menyampaikan apresiasi dan menyebut Porprovsu kali ini istimewa, karena menjadi ajang rekrutmen para atlet dan official yang akan ikut bertanding pada Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024 yang dilaksanakan di Sumut dan Aceh. 

“Pekan olahraga ini dilakukan setiap empat tahun sekali sangat diapresiasi dengan persiapan yang sangat matang. Porprovsu ini untuk mempersiapkan para atlet untuk PON Sumut Aceh,” jelas Edy.

Untuk itu, Edy mengharapkan seluruh peserta hingga Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut melakukan yang terbaik untuk persiapan PON tersebut. 

Diketahui, Porprovsu XI diikuti 5.155 peserta yang terdiri dari atlet, official hingga panitia, dari seluruh kabupaten/kota se-Sumut. Para atlet akan bertanding  di 17 cabang olahraga (Cabor) mulai tanggal 29 Oktober hingga 5 November 2022 mendatang.

Adapun 17 Cabor yang dipertandingkan di antaranya angkat berat, karate, biliar, wushu sanda, bola voli, atletik, tenis meja, pencak silat, tarung derajat, sepakbola, tinju, drum band, bulutangkis, muaythai, binaraga, pentanque, dan taekwondo. Para peserta akan memperebutkan 256 medali emas, 256 perak dan 256 perunggu. 

"Sebanyak 17 cabor ini dipilih karena memiliki pengurus Cabor di kabupaten/kota," kata Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis. 

“Porprovsu ini merupakan wujud pembinaan prestasi olahraga di Sumut. Juga sebagai langkah awal rekrutmen pelatih, serta atlet dalam rangka Pelatda PON 2024, sekaligus motivasi bagi masyarakat untuk giat berolahraga,” tambah John Lubis.

Sementara itu, Ketua KONI Pusat Marciano Norman yang diwakili Wakil Ketua Umum Suwarno mengharapkan pada PON 2024 kontingen Sumut dapat menunjukan prestasi terbaiknya. 

"Oleh sebab itu mari sama-sama masyarakat dan instansi terkait, maupun KONI se-Sumut untuk mau berbagi dan berkontribusi agar kesiapan kontingen Sumut ke depan akan semakin baik, dan pada waktunya meraih prestasi yang maksimal," katanya. 

Pada kesempatan tersebut, Edy Rahmayadi juga meluncurkan logo, tagline dan maskot PON XXI Sumut - Aceh 2024. Adapun maskot untuk Sumut yang diluncurkan bernama Matra (Harimau Sumatera). Matra menggunakan Tanjak Melayu, Ulos Batak dan tampak Gorga Batak. Tagline yang diluncurkan juga memiliki semangat yang optimis yaitu ‘Bersatu Kita Juara’.

Piala umum diserahkan kepada Ketua KONI Sumut oleh Walikota Medan Bobby Nasution secara langsung pada pembukaan Porprovsu XI ini.

Turut hadir Pangdam I/BB Acmad Daniel Cardin, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Bupati Batubara Zahir, Bupati Labura Hendryanto Sitorus, Bupati Karo Cory Sebayang, Bupati Samosir Vandiko, Plt Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut Tuahta Saragih. 

Selesai acara pembukaan, Bupati Zahir menghampiri para atlet asal Batu Bara dan memberikan semangat untuk bertanding.

“Selamat bertanding dan berjuang untuk Kabupaten Batu Bara,” ujar Bupati Zahir. 

 

Berita Terkait
Komentar