Cegah Lonjakan Covid-19 Pasca Nataru, Pemkab Batu Bara Gelar Rakor Persiapan

Batu Bara,

Dalam upaya pencegahan Penularan Covid-19 di penghujung tahun 2021, Pemkab Batu Bara mengadakan Rapat Koordinasi penguatan persiapan dalam menghadapi Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Rapat ini dilaksanakan di Aula Rumah Dinas Bupati Batu Bara, Kecamatan Sei Suka. Selasa (21/12/2021).

Walaupun Kabupaten Batu Bara sudah berada pada PPKM level satu, namun Pemkab Batu Bara Terus mewaspadai adanya lonjakan Covid-19 pada saat Nataru, karena pengalaman menunjukan bahwa lonjakan kasus Covid-19 terjadi pasca liburan, karena mobilitas masyarakat yang cukup tinggi.

Merujuk pada Instruksi Gubernur Sumut tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19 pada saat Nataru, berlaku mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 02 Januari 2021, Pemkab Batu Bara akan mengoptimalisasi Satgas Covid-19, mulai dari tingkat Kecamatan sampai ke tingkat Desa/Kelurahan.

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, Pemkab Batu Bara akan membuka Pos-pos pengamanan dan pelayanan Nataru, yang nantinya petugas akan memeriksa dokumen pelaku perjalanan, Random Testing Skrining Covid-19 dan memeriksa kelengkapan surat Vaksinasi.

Pada kegiatan ini Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP memberikan piagam penghargaan kepada Desa Medang Baru Kecamatan Medang Deras dan Desa Pulau Sejuk Kecamatan Datuk Lima Puluh sebagai Desa Stop BABS (Buang Air Besar Sembarangan) atas prestasinya telah berhasil membawa masyarakat memiliki tingkat kesadaran dan perhatian yang tinggi dalam upaya mewujudkan stop buang air besar sembarangan, semoga menjadi motivasi untuk meraih prestasi lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Selain itu Bupati-Zahir juga memberikan piagam penghargaan kepada Puskesmas Desa Lalang dan Puskesmas Pematang Panjang atas prestasinya dalam pencapaian Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat Umum dan Untuk Lansia.

Dalam kegiatan ini juga Bupati Batu Bara Zahir menyerahan hibah 1 Unit Mobil Ambulance ke Kodim 0208 Asahan dan juga Melaunching 3 unit Mobil Vaksinasi Door to Door, yang nantinya akan memudahkan masyakarat untuk mendapatkan layanan Vaksinasi Covid-19.

Turut hadir dalam rapat Asisten I Sekdakab Batu Bara, Perwakilan Dandim 0208 Asahan, Wakapolres Batu Bara, dan Perwakilan Danlanal Tanjung Balai.

 

Berita Terkait
Komentar