Dalam Kelas Parenting, Ny Maya Zahir Menekankan Orang Tua Merupakan Kunci Membentuk Generasi Berkualitas

Batu Bara,

Untuk mengajarkan pola asuh yang baik, Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Batu Bara, Ny. Maya Indriasari Zahir, berbagi ilmu sebagai narasumber Kelas Parenting dalam rangkaian kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) di TK Pembina Negeri Sei Suka, Kelurahan Perkebunan Sipare-pare, Kecamatan Sei Suka, Selasa (22/02/2022). 

Kelas perenting yang bertema "Pola Mengasuh Anak di Era Gadget", dihadiri oleh Bunda PAUD Kabupaten Batu Bara, Ny. Maya Indriasari Zahir, Kadis Pendidikan, Ilyas Sitorus, Kabid PAUD dan PNF, Syafrial M.Kom, Ketua Pokja Bunda PAUD Kabupaten Batu Bara, Erlina Yusuf, Ketua Pokja Bunda Paud Kecamatan, Sarma Listen Sinurat, dan Ketua Pokja Bunda PAUD Kelurahan, Sri Wahyuni, S.Pd. 

Ny. Maya Zahir, menyatakan saat ini anak-anak terlalu fokus terhadap gadget. Sehingga diperlukan peran orang tua sebagai role model, agar dapat mengatur waktu untuk anak-anak, seperti waktu dalam bermain gadget dan berdiskusi. 

“Sebagai orang tua sangat penting dalam mendampingi anak dalam bersosial media, karena kita terkadang tidak tahu apa yang mereka buka, apakah sudah layak dengan usia mereka. Itu akan mempengaruhi perkembangan pola pikir mereka”, ungkap Ny. Maya Zahir.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara, Ilyas Sitorus, menyatakan untuk anak-anak PAUD saat ini sudah diperlukan penyesuaian pola asuh yang baik di era digital. 

“Anak-anak sekarang lebih pintar bermain gadget dibandingkan orangtuanya. Para orangtua harus tahu bahwa dunia digital itu bukan untuk ditakuti, tapi untuk diikuti, karena anak-anak sekarang memang lebih cerdas dalam bermain gadget”, jelas Ilyas.

Sementara itu, Ketua Pokja Bunda PAUD Kabupaten Batu Bara, Erlina Yusuf, mengatakan bahwa Ny. Maya Zahir menjadi salah satu tokoh inspiratifnya dalam mengasuh anak. 

“Sesibuk apapun sebagai seorang ibu, Bunda Maya Zahir bisa menghantarkan anaknya sebagai hafidz Al-Quran. Anaknya pertama, Danis, kelas 1 SMA, sudah hafal Al-Quran 20 Juz. Sementara Nabila kelas 5 SD, sudah hafal Al-Quran 4 Juz”, ujar Herlina.

Dalam kegiatan tersebut, Ny. Maya Zahir juga ikut dalam aktivitas rutin bulanan menimbang dan mengukur tinggi badan anak-anak TK. Selanjutnya memberi suplemen rutin per enam bulan berupa Vitamin A, untuk mengantisipasi gejala stunting. Selanjutnya, Ny. Maya Zahir juga meninjau pemeriksaan gigi anak dan pengisian raport gigi di UKGS. 

Kegiatan ditutup dengan pemberian hadiah berupa piala oleh Bunda Maya kepada anak yang memiiliki gigi bagus dan memberikan makanan bergizi seperti salad dan bubur.

Orang tua menjadi ujung tombak utama dalam membentuk perilaku, karakter, dan mendidik anak. Sejalan dengan misi Bupati Zahir dalam meningkatkan peran serta seluruh elemen masyarakat dalam pembangunan Kabupaten Batu Bara, maka orang tua menjadi kunci utama dalam mewujudkan generasi muda Batu Bara yang bermartabat, religius dan berkualitas.

 

Berita Terkait
Komentar
Website Security Test