Disnakbun Batu Bara Cek Kesehatan Hewan Qurban

Batu Bara,

Untuk mempastikan kelayakan mengkonsumsi hewan qurban yang sehat di Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Batu Bara menurunkan puluhan dokter hewan serta petugas pemeriksa hewan qurban.

Pemeriksaan hewan qurban secara serentak di lapangan kelurahan lima puluh, selain untuk mendata dan mengetahui jumlah hewan qurban sekaligus mengecek kondisi fisik hewan qurban di Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah jatuh pada Jumat (31/7/2020).

Dikatakan Kepala Disnakbun ‎Kabupaten Batu Bara drh Emmy Oftini yang didampingi Kabid perternakan dan kesehatan hewan Netla Peranginangin, Kamis (30/7) disnakbun menurunkan 40 petugas untuk pemeriksaan hewan qurban.

Ia mengatakan, dengan jumlah hewan qurban sebanyak 38 Ekor dinyatakan sehat dan layak buat qurban pada Idul adhan 1441 Hijriyah/2020. Pemeriksaan kesehatan hewan qurban ini bertujuan memberikan pedoman bagi petugas penyembelih dan menjamin ketentraman batin masyarakat dalam mengkonsumsi daging hewan qurban yang halal, ujarnya

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan qurban dalam situasi wabah covid-19, diharuskan menjalankan protokol kesehatan dengan melakukan pembatasan di fasilitas pemotongan hewan qurban, pengaturan jarak minimal 1 meter dan tidak saling berhadapan antara petugas pada saat melakukan aktivitas.

Selain itu diharuskan memakai masker selama kegiatan pemotongan hewan qurban, dan setiap orang yang masuk dan keluar diarea pemotongan hewan qurban harus mencuci tangan pakai sabun.

Ia berharap setiap orang menghindari berjabat tangan atau kontak langsung lainnya, dan memperhatikan etika batuk/bersin/meludah. Tutupnya.

 

Berita Terkait
Komentar