Dukung Usaha Pengolahan Kulit di Batu Bara, Ketua Dekranasda Bawa Pelaku UMKM Study Tiru ke Politeknik ATK Yogyakarta

 

YOGYAKARTA - Ketua Dekranasda Kabupaten Batu Bara Ny. Hj. Maya Indriasari Zahir, S.E., membuka pelatihan penyamakan kulit ikan pari dan pembuatan produk dari kulit buaya dalam rangka magang bagi pelaku UMKM Batu Bara di Politeknik Akademi Teknologi Kulit (ATK) Yogyakarta, Senin (21/11/2022).

Study tiru kali ini bertujuan untuk pengembangan dan peningkatan kapasitas bagi para pelaku UMKM di Batu Bara, khususnya dalam mengembangkan pengolahan kulit ikan pari dan kulit buaya yang diyakini akan menjadi cikal bakal kemajuan produk UMKM. 

Nantinya hasil olahan kulit akan berbentuk sepatu, tas, dompet, tali pinggang dan juga dapat dikombinasikan dengan bidang fashion yaitu wastra Kabupaten Batu Bara yaitu kain tenun songket Melayu.

Alasan lain dilakukannya study tiru ini mengingat di Kabupaten Batu Bara terdapat usaha penangkaran buaya yang berada di Desa Simpang Gambus, Kecamatan Lima Puluh. Di sana ada 25 ribu ekor buaya yang diternakkan sehingga dapat menjadi sebuah potensi dan tantangan tersendiri bagi pemerintah daerah dan masyarakat untuk membuat usaha kerajinan dari kulit.

Nantinya akan dibentuk sebuah pola kemitraan yang saling menguntungkan antara pemilik usaha ternak dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), pelaku UMKM dan koperasi dengan tujuan dapat direalisasikan dalam bentuk usaha produksi olahan kulit yang sifatnya rumahan maupun dibentuk dalam rumah produksi bersama sentra pengolahan kulit terpadu di Kabupaten Batu Bara.

Dalam sambutannya Ny. Maya berharap Politeknik ATK Yogyakarta mendukung upaya Pemkab Batu Bara dalam usaha pengolahan kulit.

"Kami berharap para peserta ini memiliki keterampilan yang bisa menjadi modal dasar bagi kami mengembangkan pengolahan kulit di Kabupaten Batu Bara," ucap Ny. Maya.

Hadir dalam acara itu Pembantu Direktur 1 Politeknik ATK Yogyakarta, Kasubag Administrasi Akademik Marsudi Widodo, Kepala Unit pelayanan Publik M. Asfan dan Kepala Program Study Teknologi Pengolahan Kulit M. Sofwan Sidik. 

Sedangkan dari Pemkab Batu Bara hadir Kadis Koperasi dan UKM Batu Bara Arif Hanafiah, Camat Lima Puluh, Ketua Dharma Wanita Unit Dinas Koperasi UKM Batu Bara, Ketua TP-PKK Kecamatan Lima Puluh beserta seluruh peserta pelaku UMKM Kabupaten Batu Bara. 

 

Berita Terkait
Komentar