Galakkan UMKM, Bupati Zahir Hadiri Grand Opening VRZ Podomoro

BATU BARA - Pemerintah Kabupaten Batu Bara terus menggalakkan UMKM sehingga banyak tumbuh usaha-usaha baru di Kabupaten Batu Bara. Salah satu bagian dari upaya tersebut yakni dengan diresmikannya gerai kuliner VRZ Podomoro di Kelurahan Indrasakti, Kecamatan Air Putih, Senin (24/04/2023).

Peresmian gerai kuliner itu dihadiri langsung Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., Ketua Kadin Batu Bara OK. Faizal, dan Camat Air Putih Muliadi.

Bupati Zahir mengatakan bahwa di Kabupaten Batu Bara sudah banyak tumbuh usaha-usaha baru mulai dari pintu masuk Kabupaten Batu Bara di Kecamatan Laut Tador hingga pintu keluar di Kecamatan Sei Balai. 

“Tidak hanya Podomoro ini saja, sudah banyak tumbuh pelaku usaha-usaha baru di Kabupaten Batu Bara. Mulai dari pintu masuk hingga pintu keluar di Sei Balai. Pemerintah juga memberi bantuan permodalan terutama bagi pelaku usaha yang belum pernah disentuh,” ujar Bupati Zahir.

Sebanyak 25 gerai makanan dan minuman yang buka di lokasi VRZ Podomoro. Diantaranya 9 gerai makanan berat, 7 makanan ringan dan 9 gerai minuman. 

Drs. Ismarullah Owner VRZ Podomoro dalam sambutannya mengatakan ada beberapa tempat seperti ini di Kecamatan Air Putih. Namun, untuk memenuhi keinginan para pemburu kuliner kita membuat senyaman mungkin sehingga mempunyai semboyan ‘Anda Nyaman, Kami Bahagia’.

"Mudah-mudahan dari 25 gerai kami bisa mendapatkan perhatian dari segi moril maupun materil," harap Ismarullah.

Bupati Zahir juga membagikan tips kepada pelaku usaha kuliner agar dagangannya diminati pembeli dan tidak cepat guling tikar. Mulai dari rasa makanan, harga, keramahan penjual, kebersihan dan fasilitas tempat usaha.

"Ada kunci supaya usaha tidak tenggelam, pertama adalah rasa makanan, kedua harga yang bersaing. Ketiga keramahtamahan penjual terhadap pembeli. Keempat kebersihan tempat usaha dan yang kelima ialah fasilitas yang membuat pembeli nyaman seperti toilet yang bersih, mushola dan parkiran yang baik,” beber Bupati Zahir.

Di akhir acara, Bupati Zahir memberikan kain sarung kepada para pengunjung.

 

Berita Terkait
Komentar