Kelompok Tani di Batu Bara Terima Bantuan Alsintan dari Djarot Saiful Hidayat

BATU BARA - Sejumlah kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Batu Bara mendapat bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) berupa combine havester atau alat panen padi, yang merupakan aspirasi dari Anggota Komisi IV DPR RI Djarot Saiful Hidayat. Bantuan alat diserahkan langsung oleh Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., di Kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan di Indrapura, Kecamatan Air Putih, Senin (31/10/2022).

Ada 5 Poktan yang menerima bantuan Alsintan yakni Poktan Maju Desa Mekar Mulyo Kecamatan Sei Balai, Poktan Teratak Desa Perkebunan Sei Bejangkar Kecamatan Sei Balai, Poktan Rawa Dolik Desa Air Hitam Kecamatan Datuk Lima Puluh, Poktan Bintang Jaya Desa Suka Ramai Kecamatan Air Putih, dan Poktan Pardomuan Desa Pematang Panjang Kecamatan Air Putih.

Bupati Zahir berharap bantuan Alsintan ini dapat memajukan dan menyejahterakan para petani di Kabupaten Batu Bara.

“Semoga dengan menggunakan alat ini, pertanian Kabupaten Batu Bara semakin maju, khususnya komoditas tanaman pangan,” sebut Bupati Zahir. 

Sementara itu, Bupati Zahir menyebutkan untuk saat ini hanya 5 Poktan yang mendapat bantuan Alsintan karena melihat kondisi tanah wilayahnya.

“Karena kelompok tani tersebut areal persawahannya memiliki tanah yang bisa dimasuki oleh combine harvester. Jadi alat ini bersifat mobile ya,  jika diperlukan di tempat lain bisa dipindahkan. Lalu, ketika tidak digunakan dengan baik maka alat itu bisa dipakai oleh kelompok tani lain. Sifatnya tidak hak milik, tidak hak paten,” terang orang nomor satu di Kabupaten Batu Bara tersebut . 

 

Berita Terkait
Komentar