Ketua Dekranasda Batu Bara Buka Pelatihan Batik Tulis Dan Cap

Batu Bara,

Ketua Dekranasda Kabupaten Batu Bara Buka Pelatihan Batik Tulis Dan Batik Cap Bagi pelaku Industry Kecil Menengah (IKM) Yang terdampak Covid – 19 sekaligus serah terima bantuan Peralatan serta Bahan Baku Batik, Selasa (20/10/2020) di aula RM Barokah, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara.

Hadir, Kadis Koperindag Achmadan Chair S.Sos, M.Ap, Ketua dekranasda kab. Batu Bara Ny. Maya Indriasari Zahir, SE, Camat Air Putih, Camat Laut Tador, Kades Pasar Lapan, Kades Perkebunan Tanjung Kasau dan peserta pelatihan membatik.

Ketua Dekranasda Ny. Maya Indriasari Zahir, SE dalam sambutannya bahwa Batik merupakan wujud dari hasil cipta dan karya seni yang diekspresikan pada motif kain yang telah terkenal sampai mancanegara.

Sehingga dunia melalui UNESCO/PBB telah mengukuhkan batik sebagai Intangible Cultural Heritage Of Humanity sebagai Peninggalan Budaya dunia dari Indonesia.

Oleh karenanya, Dekranasda bersama Dinas Koperindag Kabupaten Batu Bara membuat pelatihan dan pemberian bantuan peralatan serta bahan baku pembuatan batik tulis dan batik cap.

Dengan tujuan peningkatan produksi serta pemulihan sektor ekonomi kreatif ditengah merebaknya wabah pandemik covid-19.

Ketua Dekranasda Ny Maya Indriasari Zahir SE, berharap dengan di adakannya pelatihan ini akan tumbuh wirausaha baru yang menghasilkan produk desain yang inovatif dan kreatif, sehingga dapat bersaing serta memenuhi permintaan pasar fashion yang terus berkembang.

Menurut Maya, untuk pemasaran dan promosi akan memfasilitasi dengan mengikut sertakan Batik ini ke pameran local hingga Nasional.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Koperindag Kabupaten Batu Bara Achmadan Chair S.Sos M.Ap mengatakan diadakannya pelatihan dan pemberian bantuan alat batik tulis dan batik cap untuk pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Batu Bara untuk menunjang perekonomian dibidang Industri dimasa Pandemi Covid-19.

Dikatakan Achmadan, untuk pemasaran penjualan batik, IKM yang berada di Kabupaten Batu Bara akan bekerja sama dengan Koperasi Dan BatubaraMart TP – PKK Batu Bara.

Diuraikan Achmadan, Nantinya juga Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP akan mengeluarkan peraturan Bupati (Perbup) untuk seluruh pegawai di kabupaten Batu Bara setiap Hari Jumat, wajib mengenakan pakaian Batik dari hasil karya Khas Batu Bara yang dari Industri Batik yang berada di kabupaten Batu Bara.

Dimana, pelatihan berlangsung selama empat hari dimulai dari tanggal 20 – 23 Oktober 2020, yang dilaksanakan di aula RM. Barokah di ikutin sebanyak 27 orang peserta pelaku industri Batik yang tersebar di berbagai kecamatan.

 

Berita Terkait
Komentar