Ketua Dekranasda Batu Bara Hadiri Pelatihan PKW Tekun Tenun

SIMALUNGUN - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Batu Bara Ny. Hj. Maya Indriasari Zahir, S.E., menghadiri pelatihan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun, yang digelar di Lapangan Bola Kaki Nagori Rambung Merah, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Senin (10/10/2022).

Pelatihan ini diadakan oleh Dekranasda Provinsi Sumatera Utara melalui program Dekranasda Tekun Tenun Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia.

Tak hanya di Kabupaten Simalungun, pelatihan tekun tenun ini juga akan diadakan di 5 kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara yaitu Kabupaten Simalungun, Batu Bara, Langkat, Samosir dan Tapanuli Selatan.

Kegiatan diikuti oleh 200 peserta terdiri dari 119 dari Kabupaten Simalungun, 25 dari Kabupaten Batu Bara, 25 orang dari Kabupaten Langkat, 19 Orang dari Kabupaten Samosir, dan 12 dari Tapanali Selatan.

Dalam sambutanya, Ketua Dekranasda Simalungun  Ny. Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, dan menumbuhkan sikap mental wirausaha dalam mengelola potensi diri dan lingkungan yang dapat dijadikan bekal berwirausaha.

Setiap peserta dari perwakilan kabupaten menerima bantuan alat tenun yaitu 119 alat tenun berupa 6 gedokan dan 113 ATBM untuk peserta dari simalungun, 25 unit alat gedokan untuk peserta dari Batu Bara, 19 alat gedokan untuk peserta dari Samosir, 4 unit alat gedokan untuk peserta dari Tapanuli Selatan dan 2 unit alat ATBM untuk peserta dari Kabupaten Langkat.

Turut hadir Ketua Harian Dekranasda Provinsi Sumatera Utara Ir. Aspa Sofian Batu Bara, MM, Ketua Derkranasda Kabupaten Tapanuli Selatan, Ketua Dekranasda Kabupaten Samosir dan Ketua Dekranasda Kabupaten Langkat. 

 

Berita Terkait
Komentar