Kurangi Angka Pengangguran Di Sumut. Bupati Batu Bara Buka Pemagangan dan Pelatihan Kerja

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP membuka secara langsung Kegiatan Pemagangan Dalam Negeri Program Pendidikan Dan Pelatihan Vokasi Provinsi Sumatera Utara. Di Ballrom Singapore Land City Hotel Kecamatan Sei Balai. Jumat (09/07/2021). 

Tujuan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan pengalaman dan produktifitas serta mampu bersaing seiring dengan tumbuhnya Kawasan Industri  yg akan datang.

Pelatihan dilakukan selama 5 bulan. Peserta mendapatkan fasilitas berupa uang saku 1 jt perbulan. Asuransi selama magang dan sertifikat magang.

Dalam arahannya, Kadis Naker Provinsi Sumatera Utara Baharuddin Siagian,SH,M.Si menyampaikan apresiasi kepada Bapak Bupati Batu Bara yang ikut membantu mensukseskan acara ini.

Teruntuk adik - adik peserta magang kiranya nanti bisa meningkatkan skill. peserta dilatih untuk memiliki keterampilan skill, pengembangan diri dalam pekerjaan.  Yang nantinya bisa berguna bekerja dalam negeri maupun luar negeri.ucapnya

Keseluruhan peserta pemagangan dan pelatihan berjumlah 300 orang yang dilaksanakan dua tahap. Untuk tahap pertama Medan 100 peserta, Asahan 10 peserta, Batu bara 10 peserta. Sisanya akan dilatih pada tahap berikutnya. 

"Diharapkan adik - adik peserta magang, agar lebih bisa produktif, efektif dalam bekerja. Sehingga Tingkat pengangguran di Provinsi Sumut akan berkurang. 

Pemerintah Provsu tetap berperan aktif untuk membangun SDM, dengan ditandai tahun 2022 akan membangun kawasan diklat terpadu di Sibolangit. Ucap Baharudin

Dalam sambutannya Bupati Batu Bara mengucapkan Terima Kasih kepada Kadisnaker Provsu, yang juga merupakan putra asli Batu Bara. 

Pelaksanaan kegiatan ini sangat bermanfaat, terlebih ditengah - tengah masa sulit pandemi Covid 19. Dan pelatihan ini tetap mematuhi protokol kesehatan. ungkap Bupati Zahir

Sebagai info, Kabupaten Batu Bara adalah daerah dengan peringkat ke 2 yang memliki pelabuhan terbesar. Kedepannya juga akan menjadi kawasan Industri Nasional. 

" Kepada peserta magang, adik - adik merupakan anak - anak yang paling beruntung dari anak - anak muda diluar sana karena terpilih mendapat kesempatan mengikuti magang dan pelatihan kerja ini."

" Bulan depan juga Pemkab Batu Bara akan mengadakan pelatihan bagi anak - anak muda Batu Bara, seperti pelatihan bengkel sepeda motor, salon, menjahit dan masih banyak lagi. Ini kita lakukan jg demi mengurangi angka pengangguran di Sumut. " Ungkap Zahir

" Pada saat ini kita berada pada revolusi 4.0 dan akan meningkat 5.0. Maka dari itu keterampilan juga harus ditingkatkan. Saya berharap untuk mempersiapkan diri kedepannya. Karena Kabupaten Batu Bara akan dibangun pusat industri terbesar tentunya ini berkat dukungan Bapak Edi Rahmayadi Gubernur Sumut. 

Turut hadir Camat Sei Balai, Kadisnaker Provsu, Kabid Naker Provsu dan Kadis Naker Batu Bara.

 

Berita Terkait
Komentar