Melalui Ngopi (Ngobrol Pintar), Bupati Zahir Minta Kepala Dinas Support Potensi Komunitas

Batu Bara,

Menyambung rangkaian kegiatan Sosialisasi  Pokdarling (Kelompok Sadar Lingkungan), setelah melaksanakan ibadah tarawih Bupati Zahir datang menghadiri acara Ngopi (Ngobrol Pintar) Bersama Bupati Batu Bara di Coffe Pemuda Access Road PT. Inalum Simpang Kuala Tanjung, Senin (25/4/2022). 

Dalam acara yang dikemas akrab dan santai ini, turut hadir Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan, dan Pariwisata, Drs. Sapri Moesa, MM., Kepala Dinas Pendidikan, Ilyas Sitorus, S.E., M.Pd., Camat Sei Suka, beberapa guru SMA/SMK dan anggota Pokdarling dari berbagai komunitas. 

Bupati Zahir dalam arahannya menyatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Batu Bara sangat berharap melalui Pokdarling ini berbagai potensi komunitas-komunitas di Batu Bara bisa terdata, terfasilitasi, dan dapat dikembangkan semaksimal mungkin. 

"Selama ini Pemerintah Kabupaten Batu Bara bukannya tidak mau mendukung berkembangnya kelompok-kelompok berbasis minat, bakat, dan UMKM, tapi kondisinya adalah potensi-potensi ini belum terkoordinir dengan baik, " ungkap Bupati Zahir. 

Maka itu, Bupati Zahir sangat menginginkan adanya komunikasi yang baik dari berbagai komunitas melalui Pokdarling. Apa saja yang menjadi permasalahan dan kebutuhan komunitas perlu didata dan ditampung. Bupati menginstruksikan  OPD-OPD terkait agar membantu komunitas dengan kongkrit, misalnya dalam pembuatan proposal pengajuan kebutuhan komunitas. 

Acara diskusi yang dipandu oleh moderator Angling Sari Dharma Sembiring, Ketua Pokdarling, berlangsung akrab namun tetap berbobot. Beberapa komunitas yang hadir menyampaikan usulan-usulan dan menceritakan kondisi komunitasnya masing-masing. 

Salah satunya seperti yang diungkapkan oleh Enita, dari Sanggar Seni Budaya Teratai, yang juga guru SMK Tengku Amir Hamzah Indrapura, menyampaikan, bahwa sanggar yang didirikannya sekitar tahun 1996 itu sudah memiliki cukup banyak prestasi, dan sering menjadi pengisi acara dalam kegiatan Pemkab Batu Bara, namun terkendala bahwa fasilitas yang dimiliki sangat minim. Ia berharap ada dukungan dari Pemkab Batu Bara, untuk lebih meningkatkan prestasi. 

Menanggapi hal tersebut, Bupati Zahir meminta Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan, dan Pariwisata, untuk bisa segera menindaklanjuti apa-apa yg menjadi kebutuhan Sanggar Teratai. Demikian pula, jika ada komunitas-komunitas lainnya yang memang berpotensi, dan bersungguh-sungguh, perlu untuk dibantu agar bisa makin berkembang. 

Bupati Zahir berharap peran dan sinergitas berbagai elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Batu Bara perlu digali, didata, dan diapresiasi, untuk mendukung pembangunan Kabupaten Batu Bara. Hal ini sejalan dengan misi Bupati  dalam menjadikan masyarakat Kabupaten Batu Bara, masyarakat yang sejahtera, religius, dan berbudaya.

 

Berita Terkait
Komentar