Ny. Maya Zahir, Bunda PAUD Batu Bara, Beri Beasiswa Pada Mahasiswa Kurang Mampu dan Sosialisasikan Ilmu Parenting

Batu Bara,

Untuk memberikan pola asuh yang baik kepada anak, ibu memiliki peran penting. Pola asuh anak ini menjadi dilema bagi para ibu sebagai wanita karir. Ilmu parenting diberikan Bunda PAUD Batu Bara, Ny. Maya Indriasari Zahir, melalui Diskusi Ilmiah PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini), yang digelar oleh Fakultas Agama Islam dan Humaniora (FAIH), Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB), di Gelanggang Mahabento, Medan, Jumat (18/02/2022).

Diskusi Ilmiah PIAUD bertemakan, "Wanita karir dalam pusaran pilihan dilematis antara pekerjaan dan pengasuhan". Diskusi tersebut dibuka oleh Rektor Bidang III UNPAB, Dr. Yasmirah Mandasari, SH, MH.

Turut hadir Bunda PAUD Kabupaten Batu Bara, Rektor Bid. III UNPAB, Dr. Yasmirah Mandasari Saragih, SH, MH., Dekan FAIH UNPAB, Dr. Fuji Rahmadi, P, S. HI, M.A., CIQaR, CIQnR,. Kaprodi PIAUD UNPAB, Rahayu Dwi Utami, S. Pd, M. Pd., Narasumber: Munisa, S. PSi, M. Psi., Nofianti, S. Pd, M. Pd., Kabid PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF), Syafrial M. Kom., Ketua Pokja Bunda Paud, Hj. Erlina Yusuf, dan Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI), Noveri. 

Bunda PAUD Kabupaten Batu Bara menyatakan, berkembangnya era digital dan teknologi dapat mendidik dan memantau anak dari jauh. Para orang tua bisa memantau anak-anak melalui telepon ataupun video call, mulai dari bangun tidur, jadwal sekolah, mengerjakan tugas, bermain dan istirahat.

“Akhir pekan adalah waktu berkumpul bersama anak-anak untuk berbagi cerita, mendengarkan keluh kesah dan aktivitasnya selama satu minggu. Saat seperti itulah saya berikan pola asuh dan pendidikan-pendidikan akhlak kepada anak-anak saya”, ungkap Ny. Maya.

Bunda PAUD Kabupaten Batu Bara memiliki kegiatan parenting untuk mensosialisasikan pola asuh yang baik kepada para orang tua. Kegiatan parenting diberikan khususnya untuk 12 Taman Kanak-Kanak (TK) Pembina, yang bekerjasama dengan Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD, Dinas Pendidikan dan mitra-mitra Bunda PAUD, seperti HIMPAUDI, Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) dan Ikatan Guru Raudhatul Athfa (IGRA).

Selain berdiskusi soal pola asuh ibu untuk anak, kegiatan tersebut juga membahas tentang beasiswa untuk mahasiswa UNPAB asal Kabupaten Batu Bara. 

Rektor UNPAB yang diwakili oleh Rektor Bidang III UNPAB, Dr. Yasmirah Mandasari Saragih, mengapresiasi Bunda PAUD Kabupaten Batu Bara, Ny. Maya, yang akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa kurang mampu asal Kabupaten Batu Bara di seluruh Indonesia. 

“Kami dari pihak Universitas (UNPAB) tentu sangat bangga terhadap Dekan FAIH yang bisa menghadirkan beasiswa, ini berkat bantuan dari Bunda PAUD Kabupaten Batu Bara, Ny. Maya Indriasari Zahir”, ujar Dr. Yasmirah.

Sementara itu, Dekan FAIH UNPAB, Dr. Fuji Rahmadi, dalam sambutannya menyatakan UNPAB telah memiliki kerjasama dengan Pemkab Batu Bara, dan ditandai dengan dibuatnya MoU serta MoA. 

“Di awal yang lalu kami sudah membuat MoA dengan HIMPAUDI, IGTKI serta IGRA dan saat ini sudah terjalin. Nantinya kita juga akan buat MoA dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara tentang program beasiswa.  Semoga program beasiswa akan terwujud dan dikembangkan”, Ungkap Dr. Fuji Rahmadi.

Di akhir acara Diskusi Ilmiah PIAUD Bunda PAUD Kabupaten Batu Bara, Ny. Maya Indriasari Zahir, memberikan cinderamata berupa plakat kepada UNPAB.

Bunda PAUD, Ny. Maya juga berkunjung ke Balai Pengembangan (BP) PAUD dan Direktorat Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Regional I Sumut, untuk mensikronisasikan program PAUD dan Dikmas. Kepala BP-PAUD dan Dikmas Provinsi Sumatera Utara, Dra. Suriatanti Supriyadi, memberikan laporan Pemetaan Mutu Pendidikan PAUD dan Dikmas kepada Bunda Maya. 

Program Beasiswa untuk mayarakat kurang mampu, merupakan salah satu program Bupati Zahir, untuk mendukung dan meningkatkan kualitas pendidikan mahasiswa Kabupaten Batu Bara. Masyarakat pintar dan cerdas adalah salah satu indikator pembangunan sehingga menjadi salah satu prioritas utama program Bupati Zahir dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupaten Batu Bara.

 

Berita Terkait
Komentar
Website Security Test