Pemaparan Hasil Riset BI: Dana CSR BI Diharapkan Mendorong Pengembangan Komoditas Daerah di Kabupaten Batu Bara

Batu Bara,

Menurut hasil riset Bank Indonesia (BI), padi termasuk komoditi unggulan nomor satu di Kabupaten Batu Bara. Selain padi, Komoditas Produk Jenis Usaha (KPJU) unggulan lainnya yakni ikan kembung, cabai, kelapa sawit, toko kelontong, toko sembako, tenun, pisang, ikan teri dan udang.

Hasil riset ini dipaparkan dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, yang mengundang seluruh kepala daerah untuk mempresentasikan hasil penelitian KPJU unggulan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Ballroom Hotel Santika Dyandra, Medan, Rabu (16/02/2022). 

Hasil penelitian KPJU Unggulan nantinya akan digunakan untuk merekomendasikan prioritas-prioritas pembangunan perekonomian dan melakukan update UMKM yang berpotensi.

Menurut Direktur Eksekutif BI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Doddy Zulverdi, pandemi Covid-19 berdampak pada perekonomian Indonesia, khususnya di Sumatera Utara. Pada tahun 2021, perekonomian Sumatera Utara tumbuh sebesar 2,61%, membaik dibandingkan tahun 2020 yang mengalami kontraksi sebesar -1,07%. Kondisi ini dipengaruhi oleh akselerasi vaksinasi yang mendorong peningkatan mobilitas, dan tren pemulihan ekonomi global yang lebih baik dari tahun sebelumnya. 

"Kajian Penelitian KPJU dan UMKM di Provinsi Sumatera Utara menggunakan metode ilmiah. Hasil kajian yang telah disusun, diharapkan dapat menjadi referensi bagi berbagai pihak dalam upaya pengembangan UMKM di daerah,” ujar Dodi. 

Hal ini juga sejalan dengan tema besar Bank Indonesia dalam mendorong UMKM naik kelas dan berkontribusi terhadap pencapaian tujuan Bank Indonesia dalam menciptakan kestabilan harga maupun nilai tukar serta penurunan defisit transaksi berjalan, lanjutnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Batu Bara Oky Iqbal Frima yang hadiri dalam kegiatan dengan didampingi Sekretaris Dinas Koperasi UKM Kabupaten Batu Bara, Dewi Margolang, mengatakan Pemerintah Kabupaten Batu Bara mendukung dan berupaya dalam mengembangkan produk-produk UMKM di Kabupaten Batu Bara. 

"Salah satu upaya Pemkab Batu Bara ialah mendirikan Rumah Kemasan yang berlokasi di Indrapura, dengan tujuan untuk menambah nilai jual produk UMKM”, ungkap Wakil Bupati Oky.

Wakil Bupati Batu Bara Oky berharap, ke depannya BI terus berperan membantu pemerintah daerah, khususnya Kabupaten Batu Bara, melalui dana CSR dalam meningkatkan pengembangan komoditas daerah dan membantu para pelaku UMKM.

KPJU Unggulan UMKM di Batu Bara diharapkan mencapai tujuan untuk menciptakan lapangan kerja, peningkatan daya saing, dan pertumbuhan ekonomi. Hal ini sejalan dengan salah satu misi Bupati Zahir, untuk membangun Kabupaten Batu Bara dan meningkatkan pemasaran hasil industri, pertanian serta perikanan secara meluas.

 

Berita Terkait
Komentar