Peringatan Hari Pahlawan, Zahir : Jadilah Pahlawan

Batu Bara,

Pemerintah Kabupaten Batu Bara memperingati Hari Pahlawan Nasional Tahun 2021 dengan Tema Pahlawanku Inspirasiku, bertempat di Lapangan Bola Kaki Kelurahan Lima Puluh Kota. Rabu (10/11/2021). 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Batu Bara - Ir. H. Zahir, M.AP. Upacara peringatan Hari Pahlawan berlangsung khidmat dan tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Turut hadir Wakil Bupati Batu Bara Oky Iqbal Frima, SE., Ketua DPRD M. Safi'i, SH., Kapolres Batu Bara AKBP. H. Ikhwan Lubis, SH., MH., para unsur Forkopimda dan Para Kepala OPD Se - Kabupaten Batu Bara. 

Upacara diawali dengan pengibaran bendera dan ditandai dengan sirine untuk mengheningkan cipta mengenang jasa para pahlawan. 

Dalam arahannya, Bupati Batu Bara membaca amanat Menteri Sosial RI "Negeri ini mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan. Ratusan tahun kita terpecah-pecah karena politik Devide Et Impera atau politik adu domba.

Para pendiri bangsa ini menyadarinya dengan membangun identitas bahwa kita semua bersaudara, sebangsa dan setanah air. Inilah pelajaran berharga, lidi kuat akan sulit dipatahkan jika dalam kesatuan.

Kita sadar bahwa kita berbeda-beda, tetapi jangan sampai terpecah-pecah oleh perbedaan SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan), karena akan membuat mundur jauh ke era sebelum Sumpah Pemuda 1928.

Kita harus terus menggelorakan semangat gotong royong serta persatuan dan kesatuan Indonesia. Perbedaan justru semakin memperkaya dan memperkuat kita, Bangsa Indonesia. Seraya mengembangkan toleransi, terhadap perbedaan yang ada dengan berdasar semboyan Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda namun tetap satu jua.

Semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah "mengalahkan" musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas. Hal Ini Sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 "Pahlawanku Inspirasiku"

Peringatan Hari Pahlawan dilanjutkan dengan pemberian paket sembako dan tali asih kepada pejuang veteran. 

Masih dalam peringatan Hari Pahlawan, Bupati - Zahir mengatakan, sebagai generasi muda penerus bangsa yang lahir setelah Kemerdekaan. Kita harus bersatu padu saling bahu membahu, berjuang menjadi pahlawan. Setidaknya pahlawan keluarga, pahlawan ekonomi terlebih dahulu. 

" Hal itu merupakan bagian dari upaya mengisi cita - cita perjuangan para pahlawan bangsa. Kita hormati cita - cita para pahlawan, sebagai generasi muda yang melanjutkan dan mempertahankan Kemerdekaan". Tegas Bupati Batu Bara Zahir

 

Berita Terkait
Komentar