Pj. Bupati Batu Bara Nizhamul Siap Jalankan Program Pemerintah Daerah

MEDAN - Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara Nizhamul, S.E., M.M., resmi dilantik menggantikan Bupati Batu Bara dan Wakil Bupati Batu Bara periode 2018-2023 Ir. H. Zahir, M.AP., dan Oki Iqbal Frima, S.E., yang berakhir masa jabatannya pada 27 Desember 2023.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Pj. Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Rabu (27/12/2023).

Usai melantik, Pj. Gubernur Sumut mengucapkan selamat kepada Nizhamul sebagai Pj. Bupati Batu Bara sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri.

"Saya selaku Pj. Gubernur Sumut mengucapkan selamat kepada Nizhamul sebagai Pj. Bupati Batu Bara yang sudah dilantik pada hari ini. Ada sejumlah arahan yang disampaikan oleh Presiden RI yang akan saya sampaikan untuk Pj. Bupati Batu Bara," kata Hassanudin. 

Delapan arahan dari Presiden RI Joko Widodo tersebut yakni mengendalikan inflasi dengan menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok di pasar, mengalokasikan anggaran untuk stimulus ekonomi dan bantuan sosial kepada masyarakat.

Selanjutnya waspada terhadap dampak dari fenomena elnino, menyederhanakan prosedur dan tata kelola, khususnya dalam hal pelayanan perizinan bagi investor, serta antisipasi gejolak politik sekecil apapun yang dapat memicu terganggunya stabilitas ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Dan arahan pendukung program prioritas pemerintah seperti penurunan stunting, hilirisasi industri dan kemudian memberantas peredaran dan penggunaan narkoba. 

Hassanudin menambahkan bahwa Nizhamul mampu mengemban dan menjalankan tugas, serta tanggung jawab sebagai Pj. Bupati Batu Bara, berdasarkan pengalaman sebagai birokrat, baik di pemerintahan daerah maupun di pusat. Nizhamul adalah Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kemenko Polhukam RI.

Hingga saat ini, Kabupaten Batu Bara mengalami pertumbuhan indeks pembangunan manusia (IPM) tahun 2023 sebesar 72,56%, atau meningkat 1,13% bila dibanding tahun 2022. Diharapkan tren positif tersebut terus ditingkatkan melalui program yang akan dilaksanakan. 

Sementara itu, Pj. Bupati Batu Bara Nizhamul mengatakan siap menjalankan program pemerintah yang sudah baik. Untuk itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemprov Sumut dan perangkat daerah untuk menjalankan program yang telah ada sebelumnya.

"Ke depan saya akan melanjutkan program yang sudah baik, menjalankan apa yang diarahkan oleh Presiden RI, bekerja sama dan berkoordinasi pastinya dalam pelaksanaan program pembangunan Kabupaten Batu Bara," tutur Nizhamul.

Di saat bersamaan, Pj. Ketua TP PKK Sumut Dessy Hassanudin juga melantik R Arena Sumela sebagai Pj. Ketua TP PKK Batu Bara. 

Acara pelantikan turut dihadiri anggota DPR RI Djohar Arifin, Sekdaprov Sumut Arief Trinugroho, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sumut Dian Arief S Trinugroho dan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Batu Bara. 

 

Berita Terkait
Komentar