Rapat Penguatan Pengawasan TIMPORA, Wujudkan Sinergitas Antar Pemkab Batu Bara dan Imigrasi

Batu Bara,

Untuk mengoptimalkan pengawasan imigrasi di tingkat Kecamatan dan Kabupaten Batu Bara, digelar rapat penguatan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA), yang diselenggarakan Imigrasi kelas II TPI Tanjung Balai-Asahan, di ruang pertemuan Buffet Mangga, Kecamatan Sei Suka, Jumat (04 Maret 2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Batu Bara, Oky Iqbal Frima, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumut, Gelora Adil Ginting, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI- TBA, Panogu Hot Dihatoguan Sitanggang, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Batu Bara.

Diamanatkan UU No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, melalui Divisi Imigrasi, mengemban tugas menjaga kedaulatan negara RI. Dalam pelaksanaannya Divisi ini  tidak dapat bertindak dan berjalan sendiri, tetapi harus berkolaborasi dengan instansi terkait baik di tingkat Pusat maupun Daerah.

Kabupaten Batu Bara yang merupakan salah satu kawasan ekonomi khusus, terletak di kawasan pantai timur provinsi sumatera utara dan berbatasan dengan selat malaka. Hal ini tentunya menjadi daya tarik bagi orang asing untuk datang ke kabupaten batu bara.

Keberadaan orang asing yang masuk ke Kabupaten Batu Bara, tidak hanya membawa dampak positif namun juga membawa dampak negatif. oleh karena itu, perlu dilakukan pengawasan orang asing secara berkala.

Petugas imigrasi akan melakukan sinergitas dengan TIMPORA dan instansi terkait, dalam rangka pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan Orang Asing di wilayah Indonesia. Sehingga pengawasan dan pemantauan dari TIMPORA dapat berjalan baik dalam mecegah tindak kejahatan di kabupaten batu bara

Wakil Bupati Kabupaten Batu Bara, Oky Iqbal Frima menyatakan, melalui rapat ini, diharapkan dapat meningkatkan sinergitas antar sesama instansi, khususnya yang tergabung dalam keanggotaan TIMPORA Kabupaten Batu Bara. Sehingga dapat terjalin kerjasama yang baik dalam rangka meningkatkan kinerja masing-masing.

Mencegah tindak kejahatan dan dampak negatif dari warga negara asing di Kabupaten Batu Bara, diperlukan pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing. Ini merupakan tujuan Bupati Zahir, untuk meningkatkan pelayanan optimal aparatur pemerintah atas pelayanan publik dan investasi.

 

Berita Terkait
Komentar