Susun Sejarah Kabupaten Batu Bara, Bupati Zahir Apresiasi Gemkara

BATU BARA - Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., menyatakan dukungannya atas inisiatif Gerakan Masyarakat Menuju Kesejahteraan Batu Bara (Gemkara) yang akan menyusun buku sejarah perjuangan heroik pembentukan Kabupaten Batu Bara.

Hal tersebut disampaikan Bupati Zahir saat menerima audiensi Pengurus Besar dan Divisi Gemkara yang dipimpin Ketua Umum Gemkara Khairul Muslim, di Rumah Dinas Bupati Komplek Inalum, Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Jumat (03/02/2023).

"Saya mengapresiasi inisiatif Gemkara menyusun Sejarah Batu Bara untuk diketahui anak cucu kita,” ucap Bupati Zahir.

Berbagai versi tentang sejarah Batu Bara diketahui masyarakat namun perlu disusun dengan komprehensif dan dilakukan seminar melibatkan pakar sejarah dan budaya sehingga kebenaran dan kesahihannya dapat dipertanggung jawabkan.

Bupati Zahir juga mendukung kunjungan budaya Gemkara ke Kabupaten Siak, Provinsi Riau, karena memiliki ikatan sejarah yang kuat dengan Batu Bara. Kunjungan tersebut sangat bermanfaat dalam penyusunan sejarah Kabupaten Batu Bara.

Selain itu, Bupati Zahir yang juga Pembina PB Gemkara mendukung dibangunnya Tugu GEMKARA yang lokasinya berdekatan dengan Kantor Bupati di Kecamatan Lima Puluh. Tugu itu nantinya melambangkan kekuatan sejarah dan  kehormatan serta menjadi inspirasi dan motivasi  bagi generasi muda tentang  bagaimana perjuangan heroik mendirikan Kabupaten Batu Bara dengan tetesan darah dan air mata menembus tembok kekuasaan saat itu tidak menginginkan berdirinya Kabupaten Batu Bara.

“Buku sejarah Kabupaten Batu Bara nanti kita jadikan pelajaran muatan lokal di Batu Bara agar generasi muda mengetahui sejarah,” sebut Zahir.

Turut mendampingi Bupati Zahir pada audiensi itu di antaranya Kepala Badan Kesbangpol Batu Bara Azwar S.P., dan Kabag Kesra Setdakab Batu Bara Adnan Haris.

Sementara PB Gemkara Batu Bara yang hadir yakni Ketua Umum Khairul Muslim, Sekretaris Umum Syarkowi Hamid, Bendahara Taufik Doban, Ketua Harian Zulkaranin Achmad dan 12 Divisi Kecamatan Gemkara. 

 

Berita Terkait
Komentar