Tingkatkan Kesehatan Masyarakat, Pemkab Batu Bara gelar Sosialisasi Studi EHRA

Batu Bara,

Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Batu Bara, menggelar sosialisasi studi Environmental Health Risk Assesment (EHRA) kepada lintas sektor dan penentuan area studi EHRA Kabupaten Batu Bara Tahun 2022, di Aula Rumah Dinas Bupati Batu Bara, Kecamatan Sei Suka, Kamis (28/04/2022).

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Batu Bara, H. Sakti Alam Siregar, dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan PPKB Kabupaten Batu Bara, Wahid Khusyairi serta para Kepala OPD, Kepala Puskesmas dan Camat se-Kabupaten Batu Bara.

EHRA atau studi penilaian risiko kesehatan karena lingkungan, merupakan salah satu studi primer yang harus dilakukan oleh kelompok kerja (Pokja) Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Kabupaten Batu Bara, untuk menyusun strategi sanitasi kabupaten berdasarkan pendekatan Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP).

Dalam pelaksanaan studi EHRA Kabupaten Batu Bara Tahun 2022, akan diambil 50 Desa/Kelurahan sebagai area studi. Dalam studi EHRA disyaratkan jumlah sampel (responden) minimal per Desa/Kelurahan adalah 40 responden dan jumlah sampel (responden) per RT/Dusun minimal 5 responden. Respondennya adalah ibu atau anak perempuan yang sudah menikah dan berumur antara 18 s/d 60 tahun. 

“Untuk menentukan Desa/Kelurahan sebagai area studi, maka dilakukan stratifikasi desa berdasarkan 4 kriteria utama yaitu kepadatan penduduk, angka kemiskinan, daerah aliran sungai/drainase dan daerah terkena banjir. Stratifikasi/tingkatan dilakukan untuk alokasi proporsional perkategori  untuk pengambilan sampel rumah tangga, ” ungkap Wahid Khusyairi.

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesepahaman lintas sektor terkait pelaksanaan studi EHRA Kabupaten Batu Bara tahun 2022, menetapkan Desa/Kelurahan/Dusun  sebagai area studi, serta mencari dan menetapkan responden untuk  tiap Desa/Kelurahan sebagai target area studi.

Pemkab Batu Bara akan terus mendukung kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat, guna meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat Kabupaten Batu Bara yang sejalan dengan misi Bupati Zahir.

 

Berita Terkait
Komentar