Tingkatkan Kewaspadaan Masyarakat, Pemkab Batu Bara Lantik Pengurus FKDM Kecamatan Se-Kabupaten Batu Bara

Batu Bara,

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP, melalui Wakil Bupati Oky Iqbal Frima, melantik Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kecamatan se-Kabupaten Batu Bara. Pelantikan digelar di Aula Rumah Dinas Bupati, Komplek Inalum, Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Kamis (17/03/2022).

Pelantikan FKDM dihadiri Ketua FKDM Kabupaten Batu Bara, Letda Purn. TH. Sitanggang, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Batu Bara yang diwakili Kabid Kesatuan Bangsa, Rina Sirait, SP, Camat Se-Kabupaten Batu Bara dan Pengurus FKDM Kecamatan Se-Kabupaten Batu Bara yang dilantik.

FKDM adalah wadah bagi elemen masyarakat dalam menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat. Seperti menjaga kepekaan, kesiagaan dan antisipasi masyarakat menghadapi potensi dan indikasi timbulnya bencana alam, bencana perang dan bencana yang disebabkan oleh ulah manusia.

Selain itu, tugas FKDM juga untuk menjaga keamanan, ketertiban dan tegaknya hukum yang sudah diatur berdasarkan Permendagri Nomor 2 Tahun 2018, tentang Kewaspadaan Dini di daerah yang dimulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan sampai tingkat desa. 

Bupati Zahir melalui Wakil Bupati mengatakan, peran FKDM di tengah masyarakat untuk memberikan informasi akurat terhadap kewaspadaan dini bencana yang terjadi di Kabupaten Batu Bara

Selanjutnya Ketua FKDM Kabupaten Batu Bara berharap, pengurus yang dilantik dapat bekerja sesuai tupoksinya dan melaporkan kepada Kesbangpol Batu Bara segala hal yang berpotensi menjadi ancaman di masyarakat.

FKDM bersinergi dengan masyarakat dan pemerintah Batu Bara, akan melakukan deteksi dan cegah dini, serta lapor cepat terhadap potensi-potensi yang akan menjadi ancaman dan gangguan terhadap stabilitas keamanan dan kondusifitas di desa. Hal ini sejalan dengan misi Bupati Zahir dalam meningkatkan peran serta seluruh elemen masyarakat dalam pembangunan Kabupaten Batu Bara.

 

Berita Terkait
Komentar