Tingkatkan Kolaborasi Antar Kabupaten, Bupati Zahir Hadiri Rapat Korwil APKASI Sumut

Batu Bara,

Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) menggelar rapat koordinasi wilayah Sumatera Utara yang berlangsung di Kantor Bupati Serdang Bedagai, Jl. Negara No. 300, Sei Rampah, Serdang Bedagai, pada Kamis (19/5). 

Rapat ini diikuti oleh 25 orang Bupati se-Sumatera Utara, termasuk Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, MAP. 

Kedatangan Bupati Zahir bersama Ketua Umum APKASI, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, disambut hangat oleh tuan rumah Sedang Bedagai, Darma Wijaya, yang juga merupakan koordinator APKASI wilayah Sumatera Utara. 

Seluruh Bupati yang tergabung dalam keanggotaan wilayah Sumatera Utara, melakukan penandatanganan MOU kerjasama antar daerah sebagai pengikat hubungan kerjasama yang baik dan seimbang. Kemudian

Seluruh anggota rapat  bergerak dari pendopo rumah dinas menuju ruang rapat di Aula Kantor Bupati Serdang Bedagai, untuk melakukan koordinasi lebih lanjut terkait rapat peningkatan kolaborasi antar kabupaten. 

Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang juga merupakan Bupati Kabupaten Dharmasraya, sekaligus Ketua umum APKASI, membuka rapat dan membahas bentuk kerjasama antar daerah dalam rangka  peningkatkan pendapatan daerah untuk kesejahteraan masyarakat. Diskusi tersebut juga menyusun strategi serta penyelesaian masalah dalam pelaksanaan otonomi daerah. 

Sutan Riska Tuanku Kerajaan juga mengatakan rapat koordinasi wilayah ini nantinya bertujuan untuk mendorong pendapatan antar daerah. Seperti kerjasama melalui sektor UMKM, pertanian, perkebunan, pariwisata dan investasi. 

"Kami akan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta terus berinovasi untuk mengatasi permasalahan otonomi dan semuanya akan dilakukan dalam APKASI EXPO pada Juni mendatang. Disini kita akan saling bertukar produk unggulan dan juga mengundang investor dari luar untuk membeli produk-produk unggulan daerah. Hal ini untuk meningkatkan ekonomi kecil menengah sesuai dengan misi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo", ungkap Sutan Riska Tuanku Kerajaan. 

Di samping itu Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya yang juga Koordinator APKASI wilayah Sumut, mengatakan bahwa untuk meningkatkan pendapatan daerah, Kepala Daerah di Sumatera Utara dapat saling melakukan pertukaran dagang untuk memenuhi kebutuhan daerah masing-masing.

Rapat koordinasi wilayah APKASI tentunya akan memberikan dampak positif yang saling menguntungkan bagi tiap-tiap daerah di Sumatera Utara khususnya di Kabupaten Batu Bara. Bupati Zahir juga sangat mendukung kegiatan dan kolaborasi yang nantinya akan menyejahterakan masyarakat, serta meningkatkan pembangunan di Batu Bara yang sesuai dengan misi Bupati Zahir.  Kolaborasi dan inovasi melalui berbagi sektor seperti UMKM, industri, pertanian, perikanan dan lainnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat secara pesat, serta tentunya mewujudkan Kabupaten Batu Bara menjadi Kabupaten yang maju dan berkembang.

 

Berita Terkait
Komentar