Tinjau Korban Banjir di Gambus Laut, Bupati Zahir Tanggapi Keluhan Warga

BATU BARA - Banjir yang melanda Desa Gambus Laut, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Batu Bara, belum sepenuhnya surut. Guna memastikan kondisi warga yang terdampak banjir, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., turun ke lokasi banjir untuk mendengarkan langsung keluhan masyarakatnya.

Dengan didampingi Plt. Kepala BPBD Batu Bara Achmadan Chair dan Camat Lima Puluh Pesisir Rozali, Bupati Zahir mengunjungi Posko pengungsian korban banjir yang berada di eks Kantor Diskominfo Batu Bara, Minggu (04/12/2022).

Dalam kesempatan itu, Bupati Zahir mendengarkan keluhan warga terkait banjir yang tak kunjung surut dan permasalahan bantuan yang dianggap belum tepat sasaran.

Menanggapi keluhan tersebut, Bupati Zahir menjelaskan bahwa banjir ini terjadi karena debit air yang besar dari dataran tinggi ke dataran rendah di Kabupaten Batu Bara. Upaya-upaya untuk menurunkan debit air pun sudah dilakukan Pemkab Batu Bara seperti melakukan pembersihan sampah di sejumlah pintu air agar aliran air lancar.

Sementara mengenai bantuan yang belum merata, Bupati Zahir langsung memberikan arahan kepada tim yang bertugas agar memberikan bantuan langsung ke rumah-rumah warga yang tidak mengungsi dan warga yang belum mendapat bantuan, agar bantuan tersalurkan tepat sasaran.

"Tidak boleh ada masyarakat yang tidak dapat bantuan, harus semua masyarakat yang terdampak banjir dapat bantuan dan untuk situasi ini mari jangan saling menyalahkan pihak yang lain, tetapi kita perbaiki semuanya bersama," tegas Bupati Zahir.

Selanjutnya Bupati Zahir meninjau tanggul sungai yang jebol di Desa Lubuk Cuik dan memerintahkan dinas terkait untuk melakukan perbaikan. 

 

Berita Terkait
Komentar