Untuk Meningkat Minat Baca,Pemkab Batu Bara Adakan Seminar

Batu Bara,

Pemerintah Kabupaten Batu Bara terus berupaya meningkatkan rasa minat baca masyarakat Kabupaten Batu Bara. 

Dalam upayanya, Pemkab Batu Bara melalui Dinas Perpustakaan bekerja sama dengan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) mengadakan seminar membaca dengan pesertanya para remaja. Yang berlangsung di Cafe Literasi, Pantai Sejarah, Lima Puluh Pesisir. Kamis (10/02/2022). 

Di undangannya para remaja untuk seminar, karena mengingat zaman modern sekarang ini , jarang ditemukan remaja yang gemar membaca. Kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk bermain game, bermain social media, nongkrong bersama teman-teman atau sekedar jalan-jalan bersama teman keluar rumah. Tapi, masih ada juga sebagian dari mereka yang menanamkan sikap gemar membaca, salah satu contohnya membaca buku novel, Itu tak menjadi masalah. Selagi mereka masih dapat memanfaatkan waktu luang dengan mengisi hal-hal yang bermanfaat, seperti membaca atau belajar.

Mengawali kata sambutannya, Ketua GPMB Ny. Maya Zahir mengucapkan selamat datang kepada adik - adik  peserta seminar  Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca dengan Tema Edukasi Mangrove Serta Meningkatkan Minat Baca Bagi Remaja di Kabupaten Batu Bara. 

Ny. Maya Zahir juga mengatakan minat baca remaja sekarang ini sangatlah rendah. Banyak sekali faktor yang menjadi penyebab rendahnya minat baca remaja bahkan orang dewasa. Salah satunya adalah karena semakin berkembangnya teknologi. Untuk itu, perlu dilakukan berbagai cara dalam menanggulangi masalah ini. Hal ini dapat dilakukan melalui lingkungan sekolah dan lingkungan tempat bermain pelajar itu sendiri. Secara umum minat baca mempunyai tujuan mewujudkan suatu sistem penumbuhan dan pengembangan nilai ilmu yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta mengembangkan masyarakat baca (reading society) lewat pelayanan masyarakat perpustakaan dengan penekanan pada penciptaan lingkungan baca untuk semua jenis bacaan.

Dengan adanya seminar ini, Ketua GPMB Batu Bara berharap dapat menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran diri akan pentingnya membaca dan perlu diingatkan kembali bahwa literasi adalah hak asasi yang melekat pada diri kita semua.

 

Berita Terkait
Komentar
Website Security Test