UNTUK MEWUJUDKAN PERSAINGAN USAHA YANG SEHAT, DIPERLUKAN SINERGITAS ANTARA PEMKAB BATU BARA DAN UMKM

Batu Bara,

Untuk memperkuat koordinasi dan melakukan pengawasan kemitraan, Komisi Pengawas Persaingan Usaha Republik Indonesia (KPPU-RI) Kantor Wilayah I, mengadakan Advokasi dan Audiensi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintahan Kabupaten Batu Bara, di Aula Rumah Dinas Bupati Batu Bara, Komplek Perumahan Inalum, Kecamatan Sei Suka, Selasa (01/03/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Wilayah 1 KPPU, Ridho Pamungkas, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Sahala Nainggolan dan  Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan, Franky Siboro. 

KPPU adalah lembaga yang dibentuk untuk mengawasi pelaksanaan UU No. 5 Tahun 1999, tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. KPPU memiliki tugas dan kewenangan yaitu melakukan penegakkan hukum persaingan usaha, menyampaikan saran dan pertimbangan kepada pemerintah pusat dan daerah.

Menurut Ridho Pamungkas selaku Kepala Kantor Wilayah 1 KPPU menyatakan, Kabupaten Batu Bara memiliki potensi yang besar dalam segi prestasi. Hal tersebut menjadi bahan kajian dan analisa KPPU, untuk membangkitkan perekonomian di Kabupaten Batu Bara, dengan menerapkan persaingan usaha yang sehat. Sehingga dapat mendorong terciptanya inovasi dan produk berkualitas dengan harga terjangkau.

Tidak hanya itu, Kegiatan tersebut juga membahas mengenai kewenangan KPPU dalam pengawasan kemitraan, dan kewenangan pemerintah Kabupaten Batu Bara dalam memberdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), serta permasalahan atau kendala yang dihadapi oleh para pelaku UMKM.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Sahala Nainggolan menyatakan sangat mengapresisasi dengan adanya audiensi dan sosialisasi yang diadakan KPPU-RI. Ia berharap Pemerintah Kabupaten Batu Bara dapat berkoordinasi dengan KPPU, sehingga semua bentuk usaha dapat berjalan dengan baik dan mengikuti prosedur persaingan usaha yang sehat.

Menjadikan masyarakat Kabupaten Batu Bara masyarakat industri yang sejahtera, mandiri, dan berbudaya, merupakan salah satu misi penting Bupati Zahir, yang sangat sejalan dengan tujuan audiensi KPPU, yaitu melakukan pengawasan kemitraan, agar dapat  bersinergi dengan pemerintah daerah dalam meningkatkan perekonomian di Kabupaten Batu Bara.

 

Berita Terkait
Komentar
Website Security Test