Wapres Harapkan Indonesia Jadi Muslim Fashion Capital Dunia

Tangerang, Kominfo – Industri fesyen muslim kini memiliki prospek yang cerah di berbagai negara. Pada 2016-2017, pengeluaran wanita muslim global untuk fesyen mencapai USD44 miliar, dan pada 2024, diestimasi akan mencapai USD311 miliar.

Di Indonesia sendiri, industri fesyen muslim menunjukkan perkembangan yang signifikan. Industri fesyen muslim tanah air tumbuh 18,2 % dengan total konsumsi mencapai Rp300 triliun. Untuk itu, diharapkan ke depan Indonesia dapat menjadi pusat fesyen muslim dunia.

“Saya rasa tidak berlebihan jika kita bercita-cita menjadikan Jakarta dan kota lain di Indonesia sebagai Muslim Fashion Capital dunia,” ujar Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin saat membuka Jakarta Muslim Fashion Festival 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE)- BSD, Tangerang, Kamis (20/10/2022).

Lebih jauh, Wapres mengungkapkan, ekspor fesyen muslim di Indonesia juga meningkat signifikan 12,5%, mencapai USD4,6 miliar pada 2021.

“Sudah sewajarnya kita memiliki visi menjadi pusat fesyen muslim global. Apalagi populasi muslim dunia akan terus bertumbuh,” kata Wapres optimis.

Ia pun meyakini bahwa ajang Jakarta Muslim Fashion Week 2023 merupakan salah satu langkah besar dalam memajukan industri fesyen muslim Indonesia.

“Saya mengapresiasi gerak cepat Bapak dan Ibu sekalian untuk merebut peluang dan kesempatan, sekaligus mempersiapkan masa depan bangsa Indonesia sebagai pusat halal dunia,” puji Wapres.

Selain itu, Wapres menuturkan bahwa Indonesia kaya akan wastra nusantara yang menjadi modal bangsa dan sudah selayaknya dilestarikan dan menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.

“Seluruh modal yang kita miliki tersebut harus dioptimalkan untuk memajukan dunia fesyen muslim Indonesia yang menuntut kreativitas, inovasi, kolaborasi, dan strategi yang disusun berdasarkan riset dan pengetahuan,” tegasnya.

Sumber: https://www.kominfo.go.id/content/detail/45138/wapres-harapkan-indonesia-jadi-muslim-fashion-capital-dunia/0/berita

 

Berita Terkait
Komentar