Mubes MABMI XI dan Pelantikan PW MABMI Riau, Zahir : Kita Harus Jaga Adat Budaya

PEKAN BARU - Pengurus Besar Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PB MABMI) menggelar musyawarah besar ke XI yang dibuka secara resmi di Balai Serindit Rumah Dinas Gubernur Riau, Jalan Diponegoro, Kota Pekanbaru, Riau, Sabtu (29/07/2023). 

Kegiatan ini dihadiri Gubernur Riau Syamsuar, Ketua Umum PB MABMI Dato' Seri H. Syamsul Arifin, Pengurus Wilayah (PW) MABMI se-Indonesia di antaranya Ketua PW MABMI Sumatera Utara yang juga Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., beserta istri Ny. Hj. Maya Indriasari Zahir, Ketua PD MABMI Batu Bara M. Safi'i, panitia Mubes MABMI yang juga Ketua Kadin Batu Bara H. OK Faisal dan tamu undangan lainnya.

Pembukaan Mubes PB MABMI ini juga dirangkai dengan pelantikan PW MABMI Riau. Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dipimpin oleh Ketua Umum PB MABMI Dato' Seri H. Syamsul Arifin. 

Dalam hal ini Dato' H. Agustian dilantik menjadi Ketua PW MABMI Riau beserta seluruh pengurus lainnya yang ditandai dengan penyematan selempang kepada ketua yang baru saja sebagai tanda pengukuhan.

Dato' Seri H. Syamsul Arifin dalam sambutannya berpesan agar pengurus MABMI Riau yang baru saja dilantik dapat terus mempererat masyarakat Melayu di tanah Riau dan mendorong serta mendukung kinerja Pemerintah Provinsi Riau bahkan pemerintah kabupaten/kotanya.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan sangat bangga dan senang dengan suksesnya acara pelantikan pengurus MABMI Riau. Dirinya berharap semoga adat budaya Melayu semakin dijunjung dan tetap dilestarikan karena Melayu kini tak hanya ada di Indonesia namun juga di berbagai belahan dunia.

Sementara itu, Ketua PW MABMI Sumut Zahir juga menyebutkan bahwa Melayu itu ada di mana-mana dan salah satu yang terbesar ada di Provinsi Riau. 

"Di sini saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia baik di Sumatera Utara dan terkhusus di Kabupaten Batu Bara agar tetap menjaga adat istiadat serta budaya masing - masing. Seperti Kegiatan MABMI ini merupakan bagian dari menjaga adat Budaya Melayu di Indonesia," ungkap Zahir.

Usai dibuka secara resmi, Musyawarah Besar MABMI dilanjutkan di Asrama Haji, Jalan Sudirman, Kota Pekan Baru, yang memilih secara aklamasi dan menetapkan kembali Dato' Seri H. Syamsul Arifin sebagai Ketua Umum PB MABMI periode 2023-2028. 

 

Berita Terkait
Komentar