Pj. Ketua TP PKK Batu Bara Antusias Ikuti Gebyar Posyandu

BATU BARA - Pemerintah Desa Simpang Dolok yang ditetapkan sebagai Desa Percontohan Posyandu tahun 2024 menggelar Gebyar Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Halaman Kantor Desa Simpang Dolok, Kecamatan Datuk Lima Puluh, Jum'at (09/02/2024). 

Gebyar Posyandu menjadi lebih meriah dengan Kedatangan Pj. Ketua TP PKK Ny. Raja Arena Sumela Nizhamul yang disambut senam oleh para lansia. Tampak juga Sekda Norma Deli Siregar dan Kadis Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) dr. Deni. 

Pada kesempatan ini, Ny. Sumela mengungkapkan bahwa posyandu menjadi sarana penting untuk memastikan bahwa generasi penerus tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya. 

Posyandu merupakan garda terdepan dalam pemenuhan kesehatan dasar untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi serta stunting di Indonesia. 

Oleh karenanya, Ny. Sumela mengimbau agar pelayanan Posyandu harus semakin ditingkatkan dengan membina generasi sehingga kelak menjadi generasi penerus yang berkualitas. 

Selesai memberi kata sambutan, Ny. Sumela melihat antusias para masyarakat yang sedang mengikuti gebyar posyandu. Dimulai  dari meja pertama yang ditujukan untuk para lansia. Di meja ini para lansia memeriksa kesehatan secara gratis. Seperti pemeriksaan gula darah, kolesterol dan cek tensi. 

Selanjutnya, Ny. Sumela melihat Posyandu meja kedua yang ditujukan bagi para wanita usia 16-60 tahun. Posyandu ini untuk menyosialisasikan pentingnya upaya deteksi dini dan pencegahan penyakit kanker rahim serta payudara.

Kemudian melihat posyandu bagi para remaja. Hal ini sebagai bentuk upaya untuk pencegahan penyakit para remaja, khususnya remaja putri yaitu penyakit anemia atau kekurangan darah. 

Ny. Sumela juga ikut berpartisipasi melakukan pengukuran balita. Mulai dari pengukuran berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala serta pemberian imunisasi dan makanan bergizi tambahan.

 

Berita Terkait
Komentar