PKK Batu Bara Raih Juara Umum Jambore Dasawisma se-Sumut

MEDAN - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Batu Bara berhasil meraih juara umum pada Jambore Dasawiswa tahun 2023 tingkat Provinsi Sumatera Utara, yang digelar di Hotel Grand Mercure, Medan, Senin (21/08/2023). 

Jambore Dasawisma ini mempertandingkan enam perlombaan, di antaranya lomba penyuluhan stunting, presentasi, puisi, penyuluhan, promosi produk, dan parade medley, yang diikuti kader PKK kabupaten/kota se-Sumut. Seluruh peserta memperebutkan trophy, uang pembinaan serta tablet.

TP PKK Kabupaten Batu Bara meraih juara umum karena berhasil menyabet 3 juara yaitu juara 1 lomba promosi produk, juara 1 lomba penyuluhan dan juara 1 lomba parade medley.

Piala pemenang diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Sumatera Utara Ny. Nawal Lubis kepada Ketua TP PKK Batu Bara Ny. Hj. Maya Indriasari Zahir.

Ny. Nawal mengatakan, Jambore Dasawisma tersebut dilaksanakan dalam momentum hari ulang tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. Jambore merupakan metode untuk mengukur sejauh mana keunggulan dan kelemahan yang dimiliki kader dalam menjalankan tugas pokoknya. 

"Betapa pentingnya kader Dasawisma sebagai kelompok terkecil, namun besar jumlahnya, tentu Dasawisma merupakan ujung tombak yang harus dapat perhatian dan pembinaan yang baik sehingga Dasawisma memiliki daya guna yang berhasil besar demi kesejahteraan keluarga," ujar Ny. Nawal. 

Ketua Bidang Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga TP PKK Sumut, Mahreni Aspan Sofian mengatakan jambore tersebut diikuti ratusan peserta yang berasal dari kabupaten/kota se-Sumut. Tujuan dilaksanakannya jambore antara lain untuk meningkatkan pengelolaan kelompok Dasawisma yang baik dan mempersiapkan Dasawisma yang handal. 

Pada kesemparan tersebut juga diserahkan apresiasi pada kader inspiratif  TP PKK kabupaten/kota. Para kader inspiratif tersebut diberikan tablet dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut dan uang pembinaan sebesar Rp5 juta. 

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Catatan Sipil Sumut Parlindungan Pane dan Ketua Dharma Wanita Sumut Ny. Dian Arief S. Trinugroho. 

 

Berita Terkait
Komentar