Bupati Zahir Hadiri Roadshow Bus KPK, Gaungkan Budaya Antikorupsi

MEDAN - Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., didampingi Sekdakab Batu Bara Norma Deli Siregar menghadiri Roadshow Bus KPK 2023 Provinsi Sumatera Utara yang berlangsung di Gedung PRSU, Medan (26/10/2023). 

Hadir dalam acara itu Pj. Gubernur Sumatera Utara Hassanudin, Wakil Ketua KPK RI Dr. Nurul Ghufron, Forkopimda Sumut dan seluruh kepala daerah se-Sumatera Utara. 

Roadshow Bus KPK tahun 2023 berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 26-29 Oktober dengan mengusung tema "Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi".

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gondang, dan persembahan tari-tarian multi etnis. Dilanjutkan dengan pengukuhan penyuluh antikorupsi oleh Pj. Gubsu Hassanudin dengan menyerahkan surat keputusan dan didampingi Wakil Ketua KPK Dr. Nurul Ghufron. 

Dalam pidatonya, Pj. Gubsu Hassanudin mengatakan untuk merubah budaya bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan waktu lama. Oleh karenanya, budaya antikorupsi terus menerus digaungkan. 

"Provinsi Sumatera Utara secara berkelanjutan dan konsisten selama 5 tahun terakhir serius dan fokus dalam mewujudkan good government dan clean government dengan berbagai upaya. Sehingga berhasil meningkatkan 24 indikator tata kelola yang baik dalam skala nasional dan menyambut baik kehadiran Roadshow Bus KPK," ujar Hassanudin.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK RI Dr. Nurul Ghufron mengatakan bahwa tugas KPK tidak hanya sekedar menangkap tindak pidana korupsi. Karena ada hal yang lebih baik lagi yaitu bagaimana KPK membangun kesadaran masyarakat terhadap pemberantasan tindak korupsi.

“Sebagai mana tadi diungkapkan bahwa 3 pendekatan pemberantasan tindak korupsi yang dilakukan KPK lewat pendidikan, pencegahan maupun penindakan," katanya. 

 

Berita Terkait
Komentar