Dukung Pemberantasan Narkoba, Bupati Zahir Hadiri Pengukuhan 4.500 Relawan Anti Narkoba

MEDAN - Sebagai bentuk dukungan terhadap pemberantasan narkoba, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., menghadiri pengukuhan 4.500 relawan anti narkoba di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumatera Utara, Kota Medan, Selasa (22/08/2023).

Pengukuhan ribuan relawan anti narkoba ini dipimpin langsung Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan dihadiri sejumlah kepala daerah di antaranya Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang, Wakil Bupati Deli Serdang Ali Yusuf Siregar, Kepala Perwakilan BI Sumut IGP Wira Kusuma, Forkopimda Sumut, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda serta sejumlah OPD Pemprov Sumut.

Pengukuhan ditandai dengan pembacaan ikrar relawan yang dibacakan oleh Gubernur Edy dan diikuti seluruh relawan yang hadir.

Para relawan anti narkoba ini nantinya akan membantu Pemprov Sumut maupun pemerintah daerah di kabupaten/kota untuk mencegah, menemukan dan memberantas penyalahgunaan narkoba di lingkungan masyarakat.

Gubernur Edy menyebut 4.500 relawan ini adalah orang-orang pilihan yang memiliki ketergerakan hati, komitmen dan tanggung jawab untuk menyelesaikan permasalahan narkoba. Dirinya berharap seluruh relawan dapat menjadi mitra pemerintah untuk membersihkan narkoba dari Sumatera Utara.

“Dari indikator kerawanan narkoba tahun 2021, kita di posisi pertama dan sudah bertahun-tahun kita coba memberantas itu, dan belum ada hasil yang signifikan, jadi setelah kita perhitungkan perlu keterlibatan masyarakat langsung yang memang mereka sangat dekat dengan pengedar atau pemakainya,” kata Edy Rahmayadi. 

Menurut Edy Rahmayadi, saat ini mayoritas pengguna narkoba adalah anak-anak muda, padahal anak-anak muda harusnya dikader untuk menjadi pemimpin ke masa depan.

“Anak-anak muda inilah yang paling banyak menggunakan narkoba, mereka-mereka ini harus kita jaga karena akan menjadi pemimpin di masa depan, bonus demografi kita bisa jadi bencana kalau ini terus terjadi,” lanjutnya.

Di tengah pengukuhan relawan anti narkoba, Gubernur Edy beserta Forkompinda Sumatera Utara dan kepala daerah yang hadir juga meluncurkan Aplikasi Siap Bersinar secara hybrid. Aplikasi ini nantinya akan membantu relawan untuk mengumpulkan informasi mengenai penyalahgunaan narkoba dan bekerjasama dengan BNN dan Polri untuk memberantas narkoba secara masif.

Menutup kegiatan, Gubernur Edy memberikan apresiasi kepada para kepala daerah yang hadir sebagai wujud dukungan pemberantasan narkoba.

 

Berita Terkait
Komentar