Sambut Kunjungan Tim Kemenkopolhukam, Pj. Nizhamul Sampaikan Pelayanan Keterbukaan Informasi Pemkab Batu Bara

BATU BARA - Dalam rangka Analisis evaluasi pengawalan program prioritas nasional Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia (Kemenkopolhukam RI) mengunjungi Kabupaten Batu Bara.

Kedatangan Tim Kemenkopolhukam RI yang di pimpin Asisten Deputi koordinasi Tata Kelola Pemerintahan Y. Saiful Garyadi disambut langsung Pj. Bupati Batu Bara Nizhamul, S.E, M.M beserta Forkopimda, Sekda Norma Deli Siregar dan Kepala OPD Se-Kabupaten Batu Bara di Aula Kantor Bupati, Jalinsum, Kecamatan Lima Puluh, Rabu (06/03/2024).

Adapun analisis evaluasi pengawalan program prioritas nasional diantaranya pelaksanaan RB dan Percepatan Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Batu Bara Nizhamul menyampaikan dalam menjalankan pemerintahan dan pembangunan tentunya Pemerintah Kabupaten Batu Bara terus berupaya dalam berinovasi dalam  peningkatan keterbukaan informasi publik di Kabupaten Batu Bara hal ini sejalan dengan salah satu tagline Kabupaten Batu Bara yaitu transparansi.

" Keterbukaaan Informasi Publik akan sangat membantu masyarakat dalam mengakses informasi sehingga informasi mudah dijangkau, andal, terpercaya dan Interaktif" papar Pj. Bupati Nizhamul.

Pemerintah Kabupaten Batu Bara juga terus berupaya dalam mengelola informasi dengan baik melalui kolaborasi multi stakeholder yang melibatkan semua unsur, sehingga semua informasi yang sampai kepada masyarakat luas dapat diterima secara informatif dan cepat.

Pj. Bupati Nizhamul juga menyampaikan bahwa sejak desember tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Batu Bara mulai menggunakan Pusat Data Nasional dan pada desember 2022 terdapat 38 web/aplikasi milik Pemkab Batu Bata yang didukung oleh PDN sementara.

Diantaranya System Online Submission (OSS), aplikasi sicantik cloud untuk mempercepat penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan, Dokter KK GO digital atau dokumen terbit karena kelahiran secada digital dan DUKCAPIL hadir di desa, merupakan inovasi layanan  yang dilaksanakan di masing-masing desa memanfaatkan aplikasi berbasis web, sehingga masyarakat cukup datang mengurus di kantor desa.

Inovasi pelayanan pemerintah dalam hal transparansi informasi publik merupakan sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Batu Bara menuju Kabupaten Batu Bara Bangkit. 

Di akhir acara, Pj. Bupati Nizhamul memberikan kain songket sebagai cinderamata kepada Y. Saiful Garyadi.

 

Berita Terkait
Komentar