Ciptakan Desa Bersinar, Bupati Zahir Siapkan Relawan Anti Narkoba

BATU BARA - Guna mewujudkan pembangunan desa dan masyarakat yang bebas dari penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Batu Bara, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., membuka kegiatan Pembangunan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) yang digelar di Pendopo Perjuangan, Desa Simpang Dolok, Kecamatan Datuk Lima Puluh, Rabu (21/06/2023) .

Pembukaan acara Pembangunan Desa Bersinar turut dihadiri Kabid Ketahanan Ekonomi Sosial Budaya Agama dan Ormas Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Utara Harry, S.STP., dan Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Batu Bara AKBP Zainuddin.

Untuk mewujudkan pembangunan kelurahan dan desa bersih narkoba, Badan Kesbangpol Provsu bekerjasama dengan BNN Batu Bara membentuk para relawan anti narkoba yang disebar pada kelurahan dan desa rawan narkoba dimana setiap kelurahan atau desa tersebut terdapat 15 orang relawan.

Pembentukan relawan ini ditandai dengan pembacaan ikrar relawan anti narkoba, pemakaian rompi, topi dan pemberian sembako, serta pemberian materi tentang bahaya narkoba dan penanganannya oleh para narasumber.

Bupati Zahir mengatakan bahwa dampak negatif narkoba bukan hanya merusak si pengguna narkoba tetapi multi efek pada sekeliling pengguna narkoba seperti terjadinya pencurian, pemerkosaan, bahkan sampai pembunuhan.

"Nantinya di setiap desa para relawan akan dibentuk. Saya melihat penyalahgunaan narkoba perlu perhatian yang lebih, tetapi pihak penegak hukum memiliki keterbatasan kalau tidak ada yang memberi tahu mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba. Dengan adanya relawan yang bekerja di desa masing-masing membaca situasi dan melaporkan yang terjadi terhadap masalah narkoba didaerah itu akan sangat membantu," tutur Bupati Zahir.

Di Batu Bara sendiri ada beberapa desa dan kelurahan yang ditetapkan sebagai desa/kelurahan rawan narkoba yaitu Kelurahan Indrapura, Desa Kuala Tanjung, Desa Medang, Desa Pematang Cengkring, Desa Simpang Gambus, Desa Perupuk, Desa Masjid Lama, Desa Suka Maju, Desa Bagan Dalam, Desa Bandar Rahmat, Desa Tali Air Permai dan Desa Perjuangan. 

 

Berita Terkait
Komentar