Irup HUT ke-62 Pramuka dan Pekan Budaya Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia, Bupati Zahir Ajak Anak Batu Bara Ukir Prestasi

BATU BARA - Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., mengajak Anak Batu Bara dan Insan Pramuka mengukir prestasi di berbagai bidang. Hal tersebut disampaikan Bupati Zahir saat menjadi inspektur upacara Peringatan Kemah Besar HUT ke-62 Pramuka dan Pekan Budaya Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia yang digelar di lapangan sepak bola Desa Tanah Tinggi, Kecamatan Air Putih, Rabu (15/11/2023).

Upacara dihadiri oleh pengurus kwartir cabang Batu Bara, ketua kwartir ranting air putih putih ,Ahmad indra Gunawan,S.Pd beserta seluruh pengurus ,Ketua KPOTI provinsi Sumatera Utara Agustin Sastrawan Harahap, S.Pd.M.Pd, Ketua KPOTI Kab.Batu Bara ,Hj.Erlina beserta pengurus, kamabiran Air Putih, Kakak Kamabigus SD,SMP,SMA,SMK se kecamatan Air Putih,Para Andalan Pembina Pramuka se kecamatan Air Putih,Seluruh OPD se kabupaten Batu Bara,Kepala desa se kecamatan air putih, Tamu undangan dan Seluruh pramuka tingkat siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega se Kwarran Air Putih

Upacara peringatan HUT Pramuka ini mengusung tema “ Bergembira, Bersahabat dan Ukir Prestasi Bersama”. Melalui Tema ini Pramuka di seluruh Indonesia diajak untuk membangun citra positif Gerakan Pramuka dengan mempersiapkan dan melibatkan sumber daya manusia yang profesional dan proporsional.

Bupati Zahir selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Pramuka Batu Bara pun mengajak seluruh anggota Pramuka di Batu Bara untuk saling tolong menolong, meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, disiplin, tanggungjawab, siap dalam segala situasi serta menjunjung tinggi persatuan dan menghargai perbedaan.

Dirinya juga mendorong semangat anak-anak Pramuka agar selalu aktif dalam berbagai kegiatan lomba untuk mengasah diri dan mengukir prestasi.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh gerakan Pramuka kwartir Ranting Air Putih ini digelar selama 4 hari dimulai pada tanggal 13 - 16 November 2023.

Ini merupakan kolaborasi kegiatan gerakan Pramuka Kwartir Ranting Air Putih dengan Komite permainan Rakyat dan olahraga tradisional ( KPOTI ) Kabupaten Batu Bara dalam kegiatan Pramuka siaga Sehari ( KEPASIRI ) dan Kemah besar Hari Ulang Pramuka ke 62 Tingkat kwartir ranting, Selain itu tidak terlepas dari dukungan yang diberikan oleh Bupati Batu Bara dan Bunda Paud Batu Bara. 

Kegiatan Pramuka Siaga Sehari ( Keppasiri ) dan kemah besar Hut Pramuka ke - 62 ( Kemsara ) tersebut diikuti oleh peserta mulai dari Panggakalan pramuka Siaga, Penggalang, penegak dan Pandega selain itu juga melibatkan Peserta dari dari tingkat PAUD dan TK se- Kabupaten Batu Bara yang di koordinir langsung dibawah binaan Bunda Paud Batu Bara.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan beberapa perlombaan antara lain Lomba terompah Panjang, Lomba Lari balok campuran, Lomba lari enggrang, lomba Senam kreasi, Lomba yel - yel Pramuka, lomba Mewarnai berpasangan, Lomba kebersihan Tenda, Lomba Estafet Puzzle, Lomba Estafet Bola Sumpit, Lomba Tarian Kreasi daerah dan Lomba Masakan Nusantara.

Sementara itu hadiah yang akan diberikan kepada para pemenang Perlombaan tidak hanya berupa tropi/piala yang diberikan tetapi juga uang pembinaan langsung oleh KPOTI Kabupaten Batu Bara sebagai wujud apresiasi dalam mengikuti kegiatan yang dilakukan.

Dihari Pertama Upacara selasa, 14 November 2023 Bunda Paud Batu Bara Ny. Maya Indriasari menerima Penghargaan Atas partisipasi dalam menjaga permainan rakyat dan olahrga tradisional di Kabupaten Batu Bara dari Ketua KPOTI Sumut Agustin Sastrawan Harahap.

Setelah upacara selesai, sejumlah bakat anggota Pramuka berkebutuhan khusus ditampilkan di depan seluruh peserta upacara, seperti tari tradisional dari anak-anak tuna rungu dan pertunjukan seni pantomin. Selanjutnya Bupati Zahir juga menyerahkan penghargaan kepada mereka yang telah mengikuti perlombaan Pangkalan olahraga Tradisional ( Pangkortrat ) Kabupaten Batu Bara di tingkat provinsi. 

 

Berita Terkait
Komentar