Irup Peringatan HSN, Bupati Zahir Ajak Santri Jihad Jayakan Batu Bara

BATU BARA - Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., mengajak para santri untuk berjihad memajukan Batu Bara. Hal tersebut disampaikan Bupati Zahir saat menjadi inspektur upacara dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN ) yang digelar di Lapangan Sepak Bola Blok 8, Kelurahan Lima Puluh Kota, Kecamatan Lima Puluh, Minggu (22/10/2023).

Upacara diikuti ratusan santriawan dan santriwati yang berasal dari sejumlah pondok pesantren di Batu Bara, para siswa madrasah aliyah negeri, unsur Forkopimda Batu Bara, Kakan Kemenag Batu Bara, organisasi Islam, serta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Batu Bara.

Upacara yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB berlangsung dengan khidmat dan tertib. Bupati Zahir dalam pidatonya menyampaikan bahwa Hari Santri Nasional yang setiap tahunnya dirayakan sejak tahun 2015 ini merupakan momentum yang tepat untuk merefleksikan peran santri dalam menjayakan negeri khususnya Kabupaten Batu Bara.

“Peringatan Hari Santri ini adalah perayaan bagi seluruh masyarakat untuk memperkokoh persaudaraan, memperkuat nilai-nilai kebaikan dan toleransi. Hari ini juga merupakan momentum yang tepat untuk kita bisa mengambil peran dalam menjayakan negeri sesuai dengan tema perayaan HSN tahun ini,” tutur Bupati Zahir.

Buapti Zahir juga mengajak para santri yang ada di Batu Bara untuk bisa menjadi insan yang cerdas, peduli terhadap sesama dan siap berkontribusi positif bagi masyarakat dan negara.

“Mari kita jadikan peringatan ini sebagai jihad secara intelektual untuk memerangi kebodohan, ketidakadilan dan kemiskinan bersama-sama dengan berperan aktif dan positif di tengah masyarakat dengan tetap menanamkan nilai-nilai agama dan pengetahuan umum," lanjutnya.

Usai upacara, Bupati Zahir didampingi Ketua TP PKK Batu Bara Ny. Hj. Maya Indriasari Zahir memberikan sejumlah piagam penghargaan kepada tokoh-tokoh agama di Kabupaten Batu Bara. Bupati Zahir juga menunjukkan kepiawaiannya dalam memainkan alat musik rebana dan terlihat sangat dekat dan akrab dengan para santri.

Bupati Zahir pun sangat mengapresiasi pondok pesantren di Batu Bara sangat giat dan aktif dalam memberikan pengajaran bermain alat musik dan sholawatan serta ikut serta dalam berbagai kegiatan keagamaan. 

 

Berita Terkait
Komentar