Pj. Bupati Nizhamul Kunjungi Istana Siak Sri Indrapura Kabupaten Siak

Riau - Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara Nizhamul, S.E, M.M bersama dengan Kepala OPD dan Staf Ahli Kabupaten Batu Bara mengunjungi Istana Siak Sri Indrapura, Kampung Dalam, Kecamatan Siak, Riau (09/03/2024).

Kunjungan Pj. Bupati Batu Bara Nizhamul beserta rombongan tersebut diterima oleh Asisten II Drs. H. Hendrisan, M.Si dan dipandu oleh Tengku H. T. Syofian Sauri S.Sos, M.Si.

Tujuan kunjungan ini adalah  untuk mencari tahu fakta dan benang merah ikatan antara Kesultanan Siak Sri Indrapura dengan Istana Niat Lima Laras yang berada di Kecamatan Nibung Hangus  Kabupaten Batu Bara. 

Suatu hal yang sangat menarik ditemukan dalam kunjungan ini yaitu efektifnya tata kelola pariwisata Istana Siak yang mengedepankan prinsip pelestarian sejarah dan budaya. Ini bisa dibuktikan dengan terjaganya keaslian barang barang kerajaan, mulai dari foto, dokumen, stempel, keris, singgasana raja, mahkota, dan lain sebagainya.

Diakhir kunjungan Pj. Bupati Nizhamul berharap kunjungan ini bisa menjadi rujukan/studi tiru bagi Disporabudpar Batu Bara untuk menyusun road map revitalisasi pemugaran dan pengelolaan Istana Niat Lima Laras, serta mendapatkan kembali barang - barang pusaka milik Istana Lima Laras ini di Leiden Belanda.

 

Berita Terkait
Komentar