Tim Penilai Lomba Kecamatan Percontohan IVA Test Tingkat Provinsi Sumut Lakukan Evaluasi di Sei Balai

BATU BARA - Tim penilai lomba kecamatan percontohan IVA test tingkat Provinsi Sumatera Utara melakukan monitoring dan evaluasi di Kecamatan Sei Balai yang digelar di halaman Kantor Camat Sei Balai, Senin (07/11/2022).

Kedatangan tim penilai disambut Camat Sei Balai Wali Wala Sagala dan Ketua TP PKK Kecamatan Sei Balai Ny. Endang Susilawati yang disuguhi dengan tarian dan yel-yel IVA test.

Kegiatan monitoring dan evaluasi lomba kecamatan percontohan IVA test ini dihadiri Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., yang diwakili Asisten I Setdakab Batu Bara Rusian Heri, Kadis Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Wahid Khusyairi, Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Riyadi, Ketua IV Bidang Kesehatan dan Lingkungan TP PKK Kabupaten Batu Bara serta kepala desa dan para kader Dasa Wiswa se-Kecamatan Sei Balai.

Dalam sambutannya Camat Sei Balai menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih atas kunjungan tim penilai dari Provinsi Sumut di Kecamatan Sei Balai.

"Selamat datang dan terimakasih kami sampaikan atas kedatangan tim penilai di Kecamatan Sei Balai. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan lomba kecamatan percontohan IVA tes ini," ujar Wali Wala.

Sementara dalam sambutan tertulis Bupati Zahir yang dibacakan Asisten I Setdakab Batu Bara menyatakan siap mendukung program TP PKK Batu Bara salah satunya program IVA test.

"Keluarga adalah segalanya bagi kita, oleh sebab itu pembinaan IVA test sangatlah penting bagi kaum perempuan, karena dengan IVA test ini dapat mendeteksi dini kanker serviks sejak dini," tulis Bupati Zahir yang dibacakan Rusian Heri.

Bupati Zahir juga menambahkan kalau kanker serviks atau kanker rahim adalah kanker yang paling banyak terjadi di Indonesia. Untuk itu ia mengajak seluruh ibu-ibu TP PKK menyukseskan program IVA test mulai dari dusun, desa, kecamatan hingga kabupaten.

Usai pembacaan sambutan Bupati Zahir, acara dilanjutkan dengan penyerahan berkas lomba dari Ketua TP PKK Kecamatan Sei Balai kepada tim penilai, dilanjutkan dengan pemaparan terkait upaya-upaya yang dilakukan TP PKK Kecamatan Sei Balai untuk mengajak kaum ibunya mengikuti IVA test. Dalam pemaparan tersebut terungkap bahwa angka IVA test di Kecamatan Sei Balai sudah mencapai seratus persen.

Usai pemaparan, tim penilai dari Pokja IV TP PKK Provinsi Sumut yang terdiri dari Delyana, Latifah Hanum dan Puji Astuti memberikan bimbingan dan masukan serta sejumlah pertanyaan kepada Ketua TP PKK Kecamatan Sei Balai dan para kader lainnnya. Tim penilai pun mengapresiasi upaya telah dilakukan TP PKK Kecamatan Sei Balai dalan menyukseskan program IVA test ini.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan cinderamata oleh Asisten I Setdakab Batu Bara Rusian Heri kepada tim penilai lomba serta peninjauan pelaksanaan IVA test di Kantor TP PKK Kecamatan Sei Balai. 

 

Berita Terkait
Komentar